Salut! Demi Budaya Baca, Pak Polisi Ini Ikhlas Buka Perpustakaan Gratis 

Anggota Bhabinkamtibmas Desa Mekarmanik, Polsek Cimenyan, Aipda Yuyun Dwi Rukmana di Rumah Baca Jaya Bangsa, Komplek Taman Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (18/6). FOTO: HAKIM BAIHAQI/RADAR BANDUNG

Anggota Bhabinkamtibmas Desa Mekarmanik, Polsek Cimenyan, Aipda Yuyun Dwi Rukmana di Rumah Baca Jaya Bangsa, Komplek Taman Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (18/6). FOTO: HAKIM BAIHAQI/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Di tengah merebaknya penggunaan gawai (gadget), minat baca masyarakat kian memprihatinkan.

Berangkat dari keprihatinan itu, AIPDA Yuyun Dwi Rukmana mendirikan taman baca di komplek Taman Cileunyi. Dwi yakin, membaca adalah jendela dunia.

Anggota Bhabinkamtibmas Desa Mekarmanik, Polsek Cimenyan, Kabupaten Bandung, yang hobi membaca itu khawatir jika generasi zaman sekarang lebih kecanduan gawai ketimbang buku.

Rumah baca itu ia dirikan sejak 6 bulan lalu. Ia merelakan seluruh bagian rumahnya dijejali ratusan buku. Ia tidak pernah memikirkan imbalan apa pun dari mereka yang datang untuk sekedar membaca buku ataupun menoleh sejenak.

Baca Juga:

Agar Anak Terhindar dari Bacaan Serupa Buku “Aku Berani Tidur Sendiri”….

Anak Anda Mau Pintar? Ajak Saja ke Pusdai Sambil Ngabuburit

Bagi Dwi, menjadi seorang Bhabinkamtibmas, terasa kurang bila membiarkan masyarakat, terutama anak-anak terjerat budaya malas membaca.

“Melanjutkan kembali kesenangan yang akan saya tularkan terutama kepada anak-anak agar minat dalam membaca,” kata Dwi penggagas sekaligus pemilik Rumah Baca Jaya Bangsa, Komplek Taman Cileunyi, Kabupaten Bandung, pada kemarin (18/6/2017).

Tidak hanya mencerdaskan bangsa melalui budaya literasi, ia berupaya menanamkan kembali paham nasionalisme yang saat ini mulai memudar di tengah masyarakat.

Ia menyebutkan bahwa kehidupan yang baik adalah memahami sejarah pergerakan bangsanya sendiri di masa lampau.

“Menanamkan nilai kebangsaan dan nasionalisme melalui rumah baca ini,” paparnya.

loading...

Feeds