Gawat! Mayoritas Warga Bandung Tidak Yakin Macet Bisa Diatasi

Kemacetan ruas jalan disekitar flyover Antapani, yang terjadi pagi tadi. Foto: Riana Setiawan/Radar Bandung

Kemacetan ruas jalan disekitar flyover Antapani, yang terjadi pagi tadi. Foto: Riana Setiawan/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung, Didi Riswandi mengakui mayoritas warga Kota Bandung tidak yakin macet bisa diatasi.

“Berdasarkan hasil survei, sekitar 58 persen warga Bandung tidak percaya kemacetan bisa diatasi,” ujar Didi kepada wartawan (19/6/2017).

Didi mengatakan, hal ini justru menjadi motivasi baginya untuk mengatasi kemacetan. Beberapa cara yang sudah dilakukan adalah melauncing beberapa fasilitas untuk kendaraan umum.

Misalnya, wifi di angkot, perpustakaan di angkot dan beberapa hal lainnya.

“Namun, ternyata hal tersebut belum bisa menarik minat penumpang mobil pribadi beralih ke kendaraan massal,” sesal Didi.

Karenanya, lanjut Didi, harus ada insentif dan disinsentif diberlakukan bagi pengguna kendaraan pribadi.

“Karena tidak mungkin menarik pengguna mobil pribadi ke kendaraan umum, hanya dari satu sisi. Melainkan harus juga diberikan disintensif kepada pengguna mobil pribadi, agar mereka enggan menggunakan mobil pribadi,” papar Didi.

Didi memaparkan penggunaan kendaraan pribadi meningkat dari tahun 2006, yang awalnya hanya 50 persen, sekarang bertambah 20 persen.

“Jika jumlah ini terus bertambah. Maka jumlah pengguna kendaraan umum akan habis,” kata Didi.

Pengguna mobil pribadi ini tidak seimbang dengan kapasitas jalan di Kota Bandung. Menurut Didi lebar ideal jalan adalah 15 persen dari luas wilayah kota tersebut. Sedangkan kota bandung hanya 7 persen.

“Jadi ya masih jauh dari kata ideal,” tegasnya.

Didi juga mengakui, penyediaan infrastruktur untuk mengurai kemacetan, malah hanya menjadi masalah baru.

“Karena pada kenyataannya kalau ada pembangunan, kemacetan hanya terurai sebentar saja. Lama-lama tetap akan macet juga,” ujarnya.

Karenanya, Didi mengatakan, harus ada langkah lain mengurangi jumlah pengguna kendaraan pribadi, yaitu dengan disinsentif, bagi pengguna kendaraan pribadi.

loading...

Feeds

Diego Costa mencetak gol pembuka Chelsea ke gawang Newcastle United. Foto: AFP

Sinyal Chelsea Lepas Diego Costa

POJOKBANDUNG.com- KEDATANGAN Alvaro Morata di skuad Chelsea membuat posisi Diego Costa kian tersujud. Nama Costa sudah tak masuk dalam rencana …