BPOM Tarik Mie Korea U-Dong dan Kimchi karena Mengandung Babi

Mi Samyang asal Korea

Mi Samyang asal Korea

POJOKBANDUNG.com- KEPALA Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito, memastikan mencabut izin edar empat jenis mi instan asal Korea yang mengandung fragmen DNA babi.

Yakni, Samyang (mie instan U-Dong), Samyang (mie instan rasa Kimchi), Nongshim (mie instan Shin Ramyun Black) dan Ottogi (mie instan Yeul Ramen).

“Sanksinya adalah kami cabut izin edarnya dan mereka harus menarik semua produknya yang sudah diedarkan,” kata Penny menjawab jpnn.com (grup pojokbandung.com), Minggu (18/6).

Saat ditanya apakah ada unsur kelalaian atau justru kesengajaan dari importir PT Koin Bumi menyamarkan produk mi instan mengandung babi, dengan tidak memberi tanda pada bungkusnya, Penny menyebut bisa dua-duanya.

Saat ini, BPOM mashi fokus pada penarikan produknya untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat. Sehingga, jajaran Balai-balai POM seluruh Indonesia diintruksikan memonitor produk mi instan tersebut di pasaran. “Jika ditemukan maka segera menarik,” tegas mantan pejabat Bappenas tersebut.

Ke depan, bila ditemukan ada pedagangan eceran atau ritel terbukti lalai menjual produk dengan kemasan yang tidak sesuai dengan isinya bisa dikenai sanksi. “Tapi ini bukan dalam kewenangan BPOM, harus bermitra dengan Kementerian Perdagangan,” jelas dia.

(fat/jpnn/ca/pojokbandung)

 

loading...

Feeds

Diego Costa mencetak gol pembuka Chelsea ke gawang Newcastle United. Foto: AFP

Sinyal Chelsea Lepas Diego Costa

POJOKBANDUNG.com- KEDATANGAN Alvaro Morata di skuad Chelsea membuat posisi Diego Costa kian tersujud. Nama Costa sudah tak masuk dalam rencana …