MES Uji Para Bakal Cawalkot Bandung Soal Ekonomi Syariah

Dialog Ekonomi Syariah Bersama Para Bakal Wali Kota Bandung 2018-2023, di komoleks Pusat Dakwah Indonesia (Pusdai),  Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (16/6/2017). (Foto: Atep/pojokbandung)

Dialog Ekonomi Syariah Bersama Para Bakal Wali Kota Bandung 2018-2023, di komoleks Pusat Dakwah Indonesia (Pusdai), Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (16/6/2017). (Foto: Atep/pojokbandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kota Bandung, Harry Maksoem mengatakan, para bakal walikota Bandung perlu diuji pemahamannya soal konsep ekonomi syariah.

Selain Bandung merupakan tempat cikal bakal lahirnya sistem ekonomi syariah secara institusi, kini perkembangannya cukup pesat dan semakin diterima masyarakat luas.

“Bandung ini menjadi cikal bakal penyelenggaraan ekonomi syariah secara institusi. Memang banyak yang sudah menerapkan konsep ekonomi syariah, tapi tidak secara institusi,” ungkap Harry Maksoem, saat membuka Dialog Ekonomi Syariah Bersama Para Bakal Wali Kota Bandung 2018-2023, di komoleks Pusat Dakwah Indonesia (Pusdai),  Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (16/6/2017).

Institusi pertama yang menerapkan sistem ekonomi Islam ini, lanjut Harry, adalah pengurus Masjid Salman ITB pada tahun 1980-an. Lambat laun sistem ini berkembang ke institusi-institusi lain dan semakin diterima masyarakat luas.

“Hingga akhirnya menjadi bahan dorongan kepada pemerintah untuk membuat undang-undang mengenai sistem ini,” katanya.

Pembuatan regulasi ekonomi syariah itu diawali dengan aturan soal perbankan dengan sistem syariah. Namun, sangatlah sulit mendapat celah dalam undang-undang perbankan untuk membuat aturan tersebut.

“Butuh 10 tahun untuk melahirkan Undang-undang syariah. Yang ada saat ini memnag belum sempurna, tapi setahap-setahap bisa dilaksanakan,” terang Harry.

Selain itu, lanjut dia, sistem ekonomi syariah semakin diterima oleh masyarakat luas. Hal ini dapat dibuktikan dengan menjamurnya kelompok-kelompok ekonomi atau komunitas-komunitas pebisnis yang menerapkan sistem syariah. “Komunitas ekonomi syariah di Bandung sangat banyak,” katanya.

Sejumlah bakal calon walikota, yaitu Khiroul Umam, Arief Budiman, Arfi Rafnialdi, dan Oktri M. Fiardaus, hadir dalam dialog tersebut. Masing-masing memaparkan gagasannya soal sistem ekonomi Islam dalam kaitannya dengan visi kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Kota Bandung. Wakil Walikota Bandung Oded M. Danial hadir memberikan sambutan dalam pembukaan acara tersebut.

(atp/pojokbandung)

loading...

Feeds

Diego Costa mencetak gol pembuka Chelsea ke gawang Newcastle United. Foto: AFP

Sinyal Chelsea Lepas Diego Costa

POJOKBANDUNG.com- KEDATANGAN Alvaro Morata di skuad Chelsea membuat posisi Diego Costa kian tersujud. Nama Costa sudah tak masuk dalam rencana …