Jelang Lebaran, Hati-hati Diskon Palsu di Pusat Perbelanjaan

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menjelang lebaran, para pengusaha yang menjual barang atau makanan di pusat perbelanjaan berlomba-lomba menarik konsumen dengan menawarkan diskon menggiurkan.

Hal itu tidak masalah selama diskon yang diberlakukan tidak mengandung unsur penipuan. Namun, jika terbukti melakukan penipuan, maka pengusaha bisa terancam dipenjara dan denda miliaran rupiah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat Hening Widiatmoko mengatakan, konsumen memiliki hak untuk melaporkan diskon penipuan kepada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) di daerah masing-masing.

Caranya, ia mengatakan, foto label harga dari barang yang diduga mengandung unsur penipuan. Kemudian sampaikan kepada manajer toko. Jika tidak ditanggapi positif atau tidak direspon maka laporkan kepada petugas terkait di Disperindag setempat/Provinsi untuk ditelusuri dan diinvestigasi oleh Pejabat Fungsional Pengawas Barang beredar dan Jasa.

Laporan pengaduan itu akan ditindaklanjuti dengan melakukan pencarian data dan fakta dari toko yang dilaporkan. Selanjutnya secara resmi dilayangkan surat teguran penghentian praktek curang dengan memberikan batas waktu.

“Jika teguran kedua dan ketiga tidak dindahkan, maka akan dilakukan penindakan secara prosedural dengan membuat Berita Acara Pemeriksaan (BAP) agar diproses hukum,” katanya,

(bbb)

loading...

Feeds

Wah! Peringkat ITB Digeser UGM

Nasir mengumumkan UGM behasil menempati posisi pertama dengan skor 3,66 poin, menggantikan ITB (3,53 poin). Di bawahnya disusul IPB