Awas! Maut Mengintai di Pelintasan KA Liar, Jumlahnya Ratusan

Sosialisasi di perlintasan KA oleh Komunitas Edan Sepur. (bahi)

Sosialisasi di perlintasan KA oleh Komunitas Edan Sepur. (bahi)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung mencatat 533 perlintasan kereta api di wilayah kerjanya.

Kepala Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Joni Martinus mengatakan, hanya ada 89 titik pintu perlintasan resmi yang dijaga petugas. Ada 187 titik perlintasan resmi tapi tak dijaga petugas (menggunakan sistem) dan 257 perlintasan liar.

Menurutnya, perlintasan tanpa pintu, termasuk kategori liar. Perlintasan tanpa pintu tersebut juga sangat berisiko bagi perjalanan KA maupun pengguna jalan lainnya.

Baca Juga:

Cegah Korban Kecelakaan, Komunitas Ini Gelar Sosialisasi di Perlintasan KA Cimahi 

Sebelum Tewas Usai Santap Sahur, Bunga Ucapkan Kata Ini kepada Ibunya

Dukung Penutupan Lintasan KA

“Ada 36 titik perlintasan resmi tak dijaga tapi karena dianggap rawan potensi kecelakaan akan dijaga PJL ekstra,” tutur Joni di kantornya kepada Radar Bandung (grup Pojokbandung), belum lama ini.

Ia menghimbau, bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor berharap hati-hati terutama saat melintasi perlintasan kereta api.

“Biasanya beberapa warga yang menjaganya secara ilegal untuk pelintasan tidak resmi,” ujarnya.

Sementara untuk pengecekan sudah disiapkan secara berkala. Hal tersebut dimaksudkan untuk mempersiapkan prasarana potensi bahaya dengan posko pemantauan.

“Semua sudah dilengkapi dengan peralatan kerja, alat pengukur penurunan tanah dan pemeriksaan jalur,”pungkasnya.

(nda)

loading...

Feeds