DOB Kabupaten Bandung Timur Perlu Kajian Matang

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Yomanius Untung

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Yomanius Untung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Wakil Ketua komisi V DPRD Jawa Barat, Yomanius Untung mengatakan, pemekaran suatu daerah atau pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB), khususnya di beberapa kabupaten di Jabar, tidak ada persoalan. Tapi, tentunya harus dilakukan pengkajian dan pertimbangan yang matang, karena rencana tersebut akan sangat berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Hal ini dikatakan Untung ketika dimintai tanggapannya terkait wacana keinginan masyarakat dan beberapa tokoh untuk pembentukan DOB Kabupaten Bandung Timur (KBT).

“Prinsipnya DPRD Jabar tidak akan mempersoalkan kalau masyarakat menginginkan akan dilakukan pemekaran/pembentukan DOB, termasuk juga wacana pembentukan KBT, tapi harus mempertimbangkannya lebih matang,” tandas Untung.

Terlebih, lanjut Untung, pemerintah hingga kini masih menghentikan sementara (moratorium) pemekaran wilayah. Untung menyatakan, baik usulan maupun moratorium tidak bisa disalahkan.

“Moratorium itu kebijakan, sementara usulan pemekaran wilayah proses perencanaan, tidak ada yang salah. Manakala moratorium itu dicabut, maka proses bisa dilanjutkan. Namun, memang perlu pertimbangan matang,” paparnya.

loading...

Feeds