Awas! Ada Maling dengan Modus Intai Rumah Sepi

Pria berinisial MAL yang diduga hendak melakukan pencurian

Pria berinisial MAL yang diduga hendak melakukan pencurian

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bagi Anda yang sering meninggalkan rumah, sebaiknya meningkatkan kewaspadaan. Jangan sampai rumah Anda diintai maling.

Seperti yang terjadi di perumahan Pesona Prima Pataruman 2 Blok A4 No. 5, Desa Pataruman, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat, di mana seorang maling berusaha menyatroni rumah milik Handayani, Kamis (15/6/2017).

Di rumah yang ditinggal pemilik itu, maling tersebut berusaha mencuri dengan cara membuka pintu rumah bagian atas yang terkunci dari dalam.

Beruntung, aksi pencurian itu ketahuan Anjar, anak Handayani. Selanjutnya, warga berdatangan untuk menggagalkan pencurian. Begitu juga para pengurus RTdan RW, antara lain Ketua RT 01 Saepudin, Ketua RT 02 Hendra Krisna, Ketua RT 03 Amrin, Koordinator Keamanan dan Ketertiban Ari Suratman, serta Sekertaris RW 12 Deden Deny K.

Deden Deny K menuturkan, maling tersebut sudah ditangani Polsek Cililin. Setelah diinterograsi, diketahui si maling berinisial MAL. Pria kelahiran 1997 asal Pemalang ini sehari-hari pengangguran.

Dari pengakuan MAL, ia menjalankan modus dengan mengintai rumah sasaran di RT 01. Ia memilih waktu beraksi saat situasi sepi, yakni selepas magrib.

Setelah memastikan rumah sasaran itu kosong, ia mencoba masuk melalui atap rumah yang hanya terhalang tembok sekira satu meter. Lalu membuka kunci pintu atas loteng.

Ia bahkan mengaku sebelumnya sudah melakukan pencurian di rumah tersebut sebanyak tiga kali dan berhasil mengambil jam tangan serta dua buah ponsel.

Deden mengatakan, maling tersebut sudah ditangani Polsek Cililin. Ia pun mengimbau kepada seluruh warga agar lebih waspada ketika meninggalkan rumah.

Warga diminta memastikan kondisi dalam keadaan benar-benar terkunci, lalu menititipkan rumahnya ke tetangga terdekat dan keamanan setempat.

“Dihimbau pula kepada seluruh warga agar dapat berpatisipasi dalam menjaga lingkungan kita semua dan berperan aktif. Jika ada sesuatu yang mencurigakan segera berkordinasi dengan warga yang lain dan keamanan,” kata Deden Deny K, kepada Pojokbandung, Jumat (16/6/2017).

(imn/pojokbandung)

loading...

Feeds