Bandung Macet, Pemerintah Godok Rencana Pembangunan Tol dalam Kota

ilustrasi pembangunan jalan tol.

ilustrasi pembangunan jalan tol.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rencana pembangunan Bandung intra urban toll road (BIUTR) atau tol dalam kota oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat kemungkinan bisa terlaksana di tahun anggaran 2019.

Alasannya, anggaran tahun ini akan lebih banyak tersedot untuk alih kelola SMA/SMK dan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018.

BACA JUGA:

Ternyata Ini Penyebab Bandung Selalu Macet

Libur Panjang Akhir Pekan di Bandung, Siap-Siap Terjebak Macet

“Pemprov kecil kemungkinan mengeluarkan pembiayaan untuk pembebasan lahan BIUTR pada tahun 2017 dan 2018 ini,” kata Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa.

Iwa memastikan komitmen dukungan agar jalan tol dalam kota terwujud akan siap pada tahun 2019, dengan pertimbangan ketersediaan anggaran dan prioritas pemerintah.

Seperti diketahui, untuk pembangunan jalan tol dalam kota ini, JICA siap membiayai seluruh kontruksi pembangunan jalan tol sepanjang 27 km. Sementara biaya pembebasan lahan dibebankan kepada tiga pemerintahan yaitu Pemprov Jabar, Kota Bandung dan Kementerian PUPR.

“Kami sudah melakukan pertemuan antara biro hukum pemprov Jabar, bagian hukum Kota Bandung dan bagian hukum kementrian PUPR pada rapat Senin 12 Juni kemarin,” ujar Iwa.

Pada rapat tersebut, Pemprov Jabar fokus pada pembebasan lahan untuk tiga ruas fase satu yaitu akses Gedebage-Soekarno Hatta, segmen bidang Kopo-Leuwipanjang, dan segmen bidang Kiaracondong-Buahbatu.

“Berdasarkan hasil perhitungan kebutuhan anggaran untuk tiga segmen tersebut meliputi Rp 560 miliar untuk Gedebage-Soekarno Hatta untuk pembebasan lahan 7 ha. Untuk Kopo Rp 10,5 miliar untuk membebaskan 1.355 m2, dan untuk Kiaracondong Rp 212 miliar untuk 1.2000 m2,”kata dia.

Untuk segmen Gedebage, kata dia, pihaknya perlu konfirmasi dengan PUPR karena data di mereka, ada sekitar 128.000 m2 yang harus dibebaskan.‎ “Segera kita akan melakukan satu proses penyelesaian, pembahasan lebih lanjut,”kata dia.

loading...

Feeds