Terungkap di Sidang, Uang Pungli Kepala DPMPTSP Bandung Rp63,9 Juta

Sidang perdana kasus dugaan pungli di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung dengan 6 terdakwa digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LL.RE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (14/6). (Nida)

Sidang perdana kasus dugaan pungli di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung dengan 6 terdakwa digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LL.RE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (14/6). (Nida)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Sidang perdana kasus dugaan pungli di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bandung dengan 6 terdakwa digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LL.RE Martadinata, Kota Bandung, Rabu (14/6).

Dalam sidang beranggendakan pembacaan dakwaan tersebut, terungkap total uang pungli dalam kasus tersebut yaitu Rp 63,9 juta.

BACA JUGA:

Diduga Pungli, Kantor Dinas PMPT Kota Bandung Digeledah Polisi

Polisi Periksa 30 Saksi Kasus Dugaan Pungli Pemkot Bandung

Kemungkinan Ada Tersangka Baru Kasus Pungli Pemkot Bandung

Ada enam terdakwa dalam kasus itu, yakni Kepala Dinas DPMPTSP Dandan Riza, Kabid D Wawan Khaerullah, Sekpri Kadis PMPTSP Ayi Sundana, dan sejumlah staf lainnya yaitu Mutia, Nurkiah dan Dadam.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Muhammat Fahrul Rozzi dalam surat dakwaannya mengatakan, terdakwa dalam kasus tersebut didakwa pasal alternatif yakni Pasal 5 ayat (2) atau Pasal 11 atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 12B UU No. 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No. 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Menurut JPU, berdasarkan keterangan Noerkiyah Setiawati, terdakwa Dadan telah menerima uang untuk pengurusan perijinan sebesar Rp 56.4 juta. Dengan rincian, untuk titipan perizinan Rp 12.75 juta dari staf B dan Rp 43.65 juta dari staf D.

“Menurut keterangan Wawan Khaerullah staf bidang D, uang yang diserahkan kepada terdakwa di ruang kerjanya sebesar Rp 7.5 juta untuk pengurusan izin reklame,” ujarnya.

Sehingga, lanjut JPU, total uang yang diterima oleh terdakwa Dandan selaku Kepala DPMPTSP dari Noekiyah dan Wawan adalah sebesar Rp 63.9 juta. “Bahwa perbuatan terdakwa Dandan tersebut bertentangan dengan kewajiban sebagai PNS di DPMTPSP,” ucap JPU.

loading...

Feeds

Kian Patuh Sambil Makan Bakso Puyuh

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI–Puluhan pelaku Usaha Kecil dan Menegah (UKM) di wilayah Pelabuhan Ratu mengikuti diskusi bertajuk “Peran UKM Untuk Negeri” di …

Pemkot Cimahi Segera Lakukan Rotasi

Rotasi dan Mutasi pejabat esselon di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi akan segera dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan karena, kebutuhan organisasi.

PBB Kabupaten Bandung Siap Grudug Senayan

Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Bandung optimis Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) meloloskan PBB di pemilu 2019 mendatang.

Perda Kepemudaan Harus Diimplementasikan

Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di kalangan pemuda, Pemerintah Kota Cimahi sebaiknya mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan.