KPU Resmi Luncurkan Pilkada 2018 di 171 Daerah

Peluncuran Pilkada 2018  (Folly Akbar/Jawa Pos)

Peluncuran Pilkada 2018 (Folly Akbar/Jawa Pos)

POJOKBANDUNG.com- KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI resmi meluncur pelaksanaan Pilkada serentak 2018, Rabu (14/6). Ada 171 daerah yang dijadwalkan melakukan pesta demokrasi pada gelombang ketiga kali ini.

Dari 171 daerah yang ikut pilkada, meliputi  17 provinsi, 39 kota, dan 115 Kabupaten. Beberapa di antaranya adalah provinsi dengan jumlah penduduk besar seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan, pelaksanaan pilkada 2018 memberikan tantangan tersendiri bagi penyelenggara. Selain melibatkan daerah dengan jumlah pemilih besar, prosesnya juga bersamaan dengan tahapan Pemilu 2019.

“Karena pemilu 2019 tahapannya dua tahun dan dimulai tahun ini,” ujarnya saat memberikan sambutan di Kantor KPU RI, Jakarta.

Meski demikian, dia optimis, pihaknya bisa melewati tantangan tersebut dengan optimal. Apalagi, KPU sudah pengalaman melakukan dua pilkada serentak sebelumnya.

Guna mengarungi pelaksanaan pilkada, pihaknya menyiapkan sembilan peraturan KPU. Di mana lima di antaranya sudah disepakati. Sementara sisanya masih akan dikonsultasikan dengan DPR.

“Dari sembilan itu, delapan merupakan kodifikasi sebelumnya. Satu lagi baru, yakni PKPU tentang Tahapan dan Jadwal,” imbuhnya.

Dengan diluncurkannya Pilkada 2018, harapannya sosialisasi ke masyarakat bisa berjalan lebih optimal. KPU sending sudah menetapkan pemungutan suara pada 27 Juni tahun depan. Sementara, untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara hingga 9 Juli 2018.

(far/jpk/ca)

loading...

Feeds