Tidak Ada Kenaikan TDL, tapi Subsidinya yang Ditarik

ILustrasi listrik. Foto: JPNN

ILustrasi listrik. Foto: JPNN

 

POJOKBANDUNG.com – Media sosial sedang heboh dengan isu kenaikan tarif dasar listrik (TDL). Namun kabar ini segera dibantah Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara (PLN) Sofyan Basir.

Menurutnya, PLN tidak menaikkan TDL karena kebijakan itu harus sepersetujuan pemerintah dan DPR.

“Tidak ada kenaikan TDL, karena kenaikan TDL itu tidak bisa diputuskan oleh PLN. Itu oleh pemerintah, harus izin DPR. Jadi tidak ada kenaikan TDL,” ujar Sofyan kepada wartawan di kompleks Istana Negara, Rabu (14/6).

Mantan direktur utama BRI itu menambahkan, yang ada adalah penghapusan subsidi bagi pelanggan 900 watt. Kebijakan itu sudah melalui kesepakatan pemerintah bersama DPR pada tahun lalu dan mulai dilaksanakan sekarang.

Menurut Sofyan, pelanggan listrik dengan daya 900 watt ke atas tidak layak disubsidi. Sebab, banyak rumah tangga pengguna listrik 900 watt yang memiliki mobil, ruangan dengan pengatur suhu atau AC hingga barang-barang elektronik lainnya.

Sofyan mengatakan, kalangan itu ketika membayar tagihan listrik berarti menerima subsidi yang lebih besar ketimbang masyarakat yang benar-benar miskin. Karenanya subsidi untuk pelanggan listrik 900 watt ditarik.

“Negara memberikan kepada yang 900 watt, padahal dia tidak layak disubsidi. Nah ini yang diubah tahun lalu. Jadi sekali lagi tidak ada kenaikan TDL,” tandasnya.

(fat/jpnn)

loading...

Feeds