Duh! Ribuan Koperasi di Bandung Dibubarkan

Uang rupiah

Uang rupiah

 

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah membubarkan 1.737 dari 2.565 koperasi yang ada di Kota Bandung. Koperasi tersebut dibubarkan karena minim kegiatan.

‎”Koperasi itu dibubarkan karena tak aktif dan tak jelas aktivitasnya, jadi hanya papan nama doang,” ujar Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah (KUKM) Kota Bandung, Priana Wirasaputra.

Priana mengaku akan mendorong kemajuan koperasi di Kota Bandung, baik dari jumlah, maupun kualitasnya. ‎‎

“Karena, kalau hanya jumlahnya yang banyak tanpa kualitas, akan percuma nanti akan ada pembubaran lagi,” katanya.

Tidak aktifnya koperasi membuat tidak adanya transaksi. Laporan keuangannya pun, kata dia, tak jelas dan tak pernah menggelar rapat anggota tahunan (RAT).

Ia mengungkapkan, jumlah koperasi yang tersisa di Kota Bandung sebanyak 828. Dari jumlah ini, priana mengaku dinasnya akan menjaga agar jangan sampai aktifitasnya terhenti.

Caranya, sambung dia, dengan membantu dari sisi pembiayaan, dan SDM yang terus ditingkatkan. ‎

“Kami akan menjaga agar ratusan koperasi itu aktif terus. Nah setelah aktif akan didorong jadi koperasi sehat. Ini yang dilakukan,” katanya.

Menurut Priana, dinasnya sangat memberikan perhatian khusus pada ratusan koperasi yang tersisa tersebut. Semua koperasi tak cukup hanya aktif saja tapi harus sehat.

“Pada 2018 nanti, akan lebih menggenjot dan berupaya meningkatkan usaha koperasi agar berkembang signifikan,” katanya.

Priana menjelaskan koperasi aktif berbeda dengan koperasi sehat. Karena, koperasi yang aktif belum tentu sehat. Tapi koperasi yang sehat, sudah pasti koperasi aktif.

loading...

Feeds