Ngerinya Kanker Serviks, Bisa Menular Juga pada Laki-laki

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Virus Human Papilloma Virus (HPV) merupakan penyebab kanker serviks paling berisiko menyebar melalui hubungan seksual.

Seorang perempuan yang sudah mengalami kanker serviks dengan tingkatan stadium tertentu akan mengalami kondisi mengerikan saat bercinta dengan pasangannya.

Hal itu diawali dengan gejala keputihan hebat, berbau, dan bercak-bercak merah hingga perdarahan tentu membuat kondisi fisik semakin menurun. Virus HPV juga bisa menyebabkan kutil kelamin dan kutil-kutil lain di tubuh.

Virus HPV ada yang ganas dan ada yang kurang ganas. HPV ganas menyebabkan kanker, misalnya HPV tipe 16 dan 18. HPV yang kurang ganas menyebabkan kutil kelamin (HPV 6 dan 11).

Baca Juga:

Jupe Terlihat Kurus Jalani Pengobatan Kanker Serviks, Fans Ramai-ramai Mendoakan

Begini Cerita Lengkap Jupe Berjuang Melawan Kanker Sejak 2014

Ini Cara Mencegah Penyakit Kanker Leher Rahim

“Kalau sudah kanker, dengan ukuran agak besar, kankernya bisa tersentuh saat sedang berhubungan sehingga berdarah,” kata Founder and CEO Internis and Vaccinologist In Harmony Vaccination Clinic dr. Kristoforus Hendra Djaya kepada JawaPos.com (grup Pojokbandung), Minggu (12/6/2017).

“Jadi perdarahan saat sedang berhubungan seksual bisa jadi gejalanya.”

Hati-hati juga bagi kaum adam! Jika pria berhubungan intim dengan perempuan yang terkena kanker serviks, bisa berpotensi ikut tertular virus ini.

Kaum adam bisa tertular penyakit kutil kelamin atau kanker lain seperti kanker anus, kanker penis, atau kanker kerongkongan. Tergantung dari pola hubungan intimnya.

loading...

Feeds

PKS: Oded Harus Jadi Bandung 1

DPD PKS Kota Bandung resmi menjadikan Wakil Walikota Bandung, Oded M Danial sebagai calon yang akan diusung pada Pilwalkot Bandung …