Ayo Bersihkan dan Sucikan Diri dengan Zakat Fitrah

Pembagian Zakat Fitrah (dokumentasi)

Pembagian Zakat Fitrah (dokumentasi)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Selama Ramadan, Masjid Raya Bandung rata-rata mampu menampung Zakat Fitrah dari para pemberi zakat hingga mencapai Rp 100 juta. Zakat Fitrah dikumpulkan selama Ramadan hingga malam takbir atau malam menjelang Idul Fitri.

“Pengumpulan zakat kami buka selama Ramadan dan pembagian kami lakukan saat malam takbir,” ungkap Sekretaris DKM Masjid Raya Bandung, Aos Sutisna.

Aos menjelaskan, zakat Fitrah secara umum adalah makanan pokok yang harus di keluarkan umat Islam yang mampu (Muzakki). Besarannya disesuaikan bahan makanan pokok, bisa berupa beras, gandum dan makanan pokok lain atau sejumlah uang sebesar bahan pokok tersebut.

“Zakat Fitrah yang wajib dibayar setiap orang adalah 2,5 kg makanan pokok. Jika berupa uang maka maka besarannya disesuaikan dengan harga 2,5 kg beras,” imbuhnya.

Aos membeberkan, keunggulan dan manfaat dari Zakat Fitrah untuk membersihkan harta atau membersihkan pahala orang yang berpuasa dari berbagai perbuatan sia-sia dan kesalahan. Sehingga seorang yang berpuasa dapat meraih kesempurnaan pahala puasanya.

“Selain itu membantu sesama umat yang tidak mampu, sehinga mereka juga merasakan kegembiraan di Hari Raya Lebaran sebagaimana yang dirasakan oleh orang yang lebih mampu,” pungkasnya.

(arh)

 

loading...

Feeds

Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …