Ini 5 Masjid Rancangan Ridwan Kamil, Bagaimana Menurutmu?

Salah satu masjid karya Walikota Bandung Ridwan Kamil, Masjid Raya Asmaul Husna, Serpong. (Foto Urbane.co.id)

Salah satu masjid karya Walikota Bandung Ridwan Kamil, Masjid Raya Asmaul Husna, Serpong. (Foto Urbane.co.id)

POJOKBANDUNG.com – Siapa yang tak kenal dengan Ridwan Kamil? Seorang arsitektur yang kini menjadi Wali Kota Bandung itu memiliki segundang karya yang tak biasa.

Pria yang kerap disapa Emil itu telah merancang sejumlah masjid yang ada di Indonesia. Berikut ini lima masjid yang diarsiteki Ridwan Kamil:

  1. Masjid Al Irsyad, Padalarang

Masjid Al-Irsyad adalah masjid di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Masjid yang dibangun pada 2009 ini memiliki desain dan arsitektur yang megah dan modern.

Bangunan ini memiliki ciri khas berbentuk seperti kubus atau persegi empat. Desain masjid ini sengaja dirancang menyerupai ka’bah. Selain itu, keunikan dari mesjid ini yakni arah kiblat yang dibuat terbuka menghadap pemandangan di luar.

  1. Masjid Raya Asmaul Husna, Gading Serpong

Sesuai namanya, Masjd Raya Asmaul Husna ini didesain menggunakan lafal Asmaul Husna di bagian dinding masjid. Masjid megah berwarna hijau ini ternyata bisa juga dijadikan sebagai gedung serbaguna.

Di lantai 1 masjid ini ternyata dapat digunakan untuk melakukan kegiatan lain di luar ibadah solat, bahkan masjid ini dapat digunakan untuk melakukan acara resepsi pernikahan. Luar biasa bukan?

  1. Masjid Raya Al-Azhar, Sumarecon Bekasi

Masjid Raya Al-Azhar memiliki desain keunikan tersendiri dari masjid-masjid lainnya bergaya modern. Masjid ini jusru bergaya arsitektur tradiosional timur tengah namun tetap modern di bagian dalam masjid.

Masjid berwarna merah bata itu memberi kesan timur tengah yang kental. Sama seperti Masjid Raya Asmaul Husna, lantai basment mesjid ini juga digunakan sebagai ruang serbaguna.

  1. Masjid Darussalam, Jakarta Pusat

Masjid yang terletak di Thamrin, Jakarta Pusat ini juga memiliki desain arsitektur yang tak kalah dengan masjid karya Ridwan Kamil lainnya. Berbeda dengan masjid lain yang berbentuk kubus, Masjid Darussalam memiliki desain berbentuk segitiga.

Masjid ini memang tidak terlalu luas, atap yang berbentuk segitiga tersebut memberi kesan mewah jika dinyalakan menggunakan lampu.

  1. Masjid Al-Safar, Tol Cipularang

Masjid AL-Safar ini tertelak di Rest Area Km 88 Tol Cipularang, Kabupaten Purwakarta. Masjid yang baru diresmikan bulan lalu ini memiliki desain yang unik dan asimetris yang memberi kesan modern.

Masjid ini adalah masjid terbesar di seluruh rest area, dan dapat menampung hingga 1200 jamaah. Masjid Al Safar memilki arti perjalanan sesuai dengan tata letaknya yang berada di jalur perjalanan dari Bandung-Jakarta.

(mia/pojoksatu)

loading...

Feeds

Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …