Wow, Museum Peninggalan Belanda di Subang Simpan Ayat Alquran yang Ditulis pada Kulit Binatang

Ayat-ayat Alquran yang ditulis di kulit binatang. (Pasundan Ekspres)

Ayat-ayat Alquran yang ditulis di kulit binatang. (Pasundan Ekspres)

POJOKBANDUNG.com- Museum Daerah Kabupaten Subang, Jawa Barat, memiliki banyak koleksi. Mulai benda-benda purbakala hingga benda peninggalan jaman penjajahan Belanda. Dari puluhan benda bersejarah tersebut, di antaranya terdapat ayat-ayat Alquran.

Museum ini terletak di gedung Wisma Karya, di Jalan Ahmad Yani. Meski berada di lokasi strategis, namun pengunjung museum ini tak seramai yang diharapkan. Itu pun hanya kalangan tertentu. Padahal di dalam gedung peninggalan Belanda tersebut, banyak disimpan benda-benda purbakala.

BACA JUGA:

Di Gang Sempit di Bandung Ini Masjid Berdampingan dengan Vihara, Warganya Hidup Rukun Tenteram

Di Bandung, Para Jomblo Punya Tempat Asik untuk Ngabuburit

Salah satunya ayat-ayat Alquran yang ditulis pada kulit binatang. Koleksi langka yang sudah berusia ratusan tahun terpajang rapih di salah satu sudut museum.

“Koleksi ini ditemukan sekitar abad 16 lalu di Cipunagara. Ayat Alquran tersebut menandakan adanya proses penyebaran agama Islam di Subang pada abad 16 silam,” kata pengelola Museum Daerah Kabupaten Subang, Ahmad Soleh kepada Pasundan Ekspres (Jawa Pos Grup/pojokbandung.com).

Beberapa surat-surat pendek dari mulai surat Al-Fatihah hingga surat Yasin ditulis dalam lembaran itu. Total ada sembilan lembar dengan ukuran 10 x 13 cm.

loading...

Feeds

Inflasi Jabar Capai 1,45 Persen

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Sebelum Ramadan inflasi Jawa Barat sebesar -0,04 persen atau secara kumulatif Januari hingga April 2018. Saat ini, total …