Subhanallah…, Ini Manfaat Puasa bagi Fisik dan Mental

Taruna Ikrar,  Dekan School of Biomedical Sciences, National Health University, California USA.

Taruna Ikrar, Dekan School of Biomedical Sciences, National Health University, California USA.

POJOKBANDUNG.com – Berpuasa pada Ramadan bagi kaum Muslim bukan hanya menahan dahaga dan lapar mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Lebih dari itu, puasa adalah latihan psikis, mental, dan fisik biologis.

Menurut Taruna Ikrar,  Dekan School of Biomedical Sciences, National Health University, California USA, secara psikis orang yang menjalankan puasa akan memiliki jiwa dan perilaku sehat, menjauhkan pikiran dan perbuatan dari hal-hal yang bisa mencederai hakikat berpuasa. Dengan demikian, bisa menjadi manusia berakhlak mulia.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, secara biologis, puasa diharapkan bermanfaat bagi kesehatan. Puasa dilaksanakan dengan cara menahan dahaga dan lapar mulai dari subuh hingga magrib.

Selama puasa, tubuh mengalami proses metabolisme. Makanan dicerna sekitar 8 jam.

Rinciannya, 4 jam makanan disiapkan dengan keasaman tertentu dengan bantuan asam lambung, selanjutnya dikirim ke usus, 4 jam kemudian makanan diubah menjadi sari makanan di usus kecil, kemudian diabsorpsi pembuluh darah dan dikirim ke seluruh tubuh.

Waktu sisa 6 jam sebelum berbuka merupakan waktu bagi sistem pencernaan untuk beristirahat. Puasa merupakan aktivitas fisik dan biologis untuk mengatur dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Puasa mengajarkan dan melatih tubuh berdisiplin makan dan minum secara tidak berlebihan, serta mengatur kuantitas dan kualitas makanan yang dikonsumsi.

Menurut penelitian, puasa dapat menyehatkan tubuh karena makanan berkaitan erat dengan proses metabolisme tubuh. Saat berpuasa ada fase istirahat setelah fase pencernaan normal, yaitu 6-8 jam.

Pada fase itu terjadi degradasi dari lemak dan glukosa darah. Selain itu terjadi peningkatan high density lipoprotein (HDL) dan apoprotein alfa1, serta penurunan low density lipoprotein (LDL) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

HDL berefek baik bagi kardiovaskular dan LDL berefek negatif bagi kesehatan pembuluh darah.

loading...

Feeds

malam takbir

Deddy Mizwar: Silakan Takbir Keliling

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengimbau masyarakat, khususnya warga Kota Bandung untuk menggelat takbir keliling secara …