Ridwan Kamil dan Dede Yusuf Paling Diinginkan Pimpin Jabar

Ridwan Kamil (Foto: Riana Setiawan)

Ridwan Kamil (Foto: Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com- Poltracking Indonesia menggelar survei untuk menakar kandidat potensial pada Pilkada Jawa Barat 2018.

Hasilnya, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil paling diinginkan responden untuk dipilih sebagai calon gubernur Jawa Barat.

Elektabilitas Ridwan Kamil tersebut mencapai 38,13 persen alias jauh di atas 25 tokoh lainnya.

“Disusul Wagub Jawa Barat Deddy Mizwar (14,83 persen), Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi (9,88 persen), anggota DPR Dede Yusuf (8 persen), dan Abdullah Gymnastiar atau biasa disapa Aa Gym (5,63 persen),” ujar Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda saat merilis hasil survei di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Kamis (8/6).

Menurut Hanta, Ridwan Kamil dipilih karena dinilai berpengalaman, merakyat, dan bijaksana.

“Ini artinya calon gubernur yang diinginkan adalah kandidat yang selain memiliki rekam jejak memimpin, juga memiliki kedekatan emosional dengan masyarakat,” ucap Hanta.

Dalam survei kali ini Poltracking juga menanyakan pada responden siapa kandidat wakil gubernur Jawa Barat yang paling diinginkan.

Hasilnya, elektabilitas Dede Yusuf berada di urutan pertama dengan 26,13 persen. Disusul Dedi Mulyadi sebesar 14,88 persen dan Aa Gym (11,13 persen).

“Untuk survei kandidat wakil gubernur, kami tidak menyertakan nama Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar,” kata Hanta.

Survei dilakukan pada 18-24 Mei dengan melibatkan 800 responden dari Jawa Barat dan telah berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Survei menggunakan metode stratified multistage random sampling. Margin of error lebih kurang 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(gir/jpnn/pojokbandung)

loading...

Feeds

Denda Persib, Ciderai Nilai Pancasila

Keputusan PSSI mendenda Persib atas aksi koreografi bobotohnya dalam mendukung Rohingya dipertanyakan anggota komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah.