Polda Jabar Gelar Rakor Persiapan Mudik Lebaran 2017, Ini Hasilnya

Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan

Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Polda Jawa Barat memantapkan kesiapan pengamanan jalur mudik lebaran hingga 95 persen.

Hal itu diungkapkan Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan dalam rapat koordinasi lintas sektor operasi Ramadniya 2017 di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jabar, Kamis (8/6).

Dalam rakor, hadir sejumlah instansi seperti Dinas Perhubungan (Dishub) Jabar, hingga Dinas Bina Marga Jabar. “Secara keseluruhan sudah 95 persen. Lima persen lagi sedang disiapkan,” ucap Anton.

Anton optimis pelaksanaan mudik dan arus balik di wilayah Jabar berjalan lancar. Pihaknya juga sudah menyiapkan rencana pengaturan lalulintas apabila terjadi kemacetan di sejumlah titik di Jabar.

“Kalau lancar sekali kayaknya mustahil, tetapi kita berusaha mengantisipasi. Ketika terjadi kemacetan akan segera diurai, tidak dibiarkan berlarut-larut, bisa contraflow atau buka tutup,” tuturnya.

Menurut Anton, ada beberapa titik krusial di Jabar yang menjadi langganan dilintasi pemudik di antaranya Tol Cipali, jalur tengah, jalur Pantura, dan jalur selatan. Untuk di jalur-jalur tersebut, pihaknya sudah menyiapkan pengamanan.

“Nanti di jalur-jalur itu apabila terjadi kemacetan kita alihkan. Misalkan dari Cipali, itu kan nanti berpencar. Kalau di tol macet, ada pengalihan arus, nanti dilihat apakah dialihkan ke Pantura, selatan, atau tengah. Kalau semua macet, dialihkan ke jalur alternatif,” katanya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Dinas Bina Marga Jabar, Guntoro memastikan kondisi jalan di jalur utama mudik baik di Tol Cipali, selatan, utara, hingga tengah seluruhnya sudah bisa dilalui oleh masyarakat. Kondisi jalan, kata dia, dalam keadaan baik.

“Untuk jalur mudik dan balik dalam kondisi siap dilewati selayak-layaknya. Karena kita kesiapan bukan saja saat lebaran, protap kita dari Januari sampai Desember melaksanakan kegiatan kemantapan jalan,” tutupnya.

(nda)

 

loading...

Feeds

PKS: Oded Harus Jadi Bandung 1

DPD PKS Kota Bandung resmi menjadikan Wakil Walikota Bandung, Oded M Danial sebagai calon yang akan diusung pada Pilwalkot Bandung …