Pesan Damai Beda Agama ala Sepak Bola, Selebrasi Gol Bali United Jadi Perhatian Dunia

Ilustrasi toleransi antar umat beragama. Foto: NU Online

Ilustrasi toleransi antar umat beragama. Foto: NU Online

POJOKBANDUNG.com – Sebuah foto selebrasi gol karya fotografer Radar Bali (Jawa Pos Group), Miftahuddin Halim, jadi perhatian dunia.

Surat kabar Amerika Serikat, The Washington Post, melalui versi online, menampilkan foto tersebut dengan disertai tulisan menarik.

Selebrasi gol tiga pemain Bali United jadi perhatian dunia (Miftahuddin Halim/Radar Bali/JPG)

Selebrasi gol tiga pemain Bali United jadi perhatian dunia (Miftahuddin Halim/Radar Bali/JPG)

Foto tersebut merupakan selebrasi gol tiga pemain Bali United yakni Ngurah Nanak, Yabes Roni Malaifani, dan Miftahul Hamdi.

Selebrasi gol ketiganya menjadi viral saat akun Facebook resmi Bali United mengunggahnya dan disertai tulisan “Karena perbedaan keyakinan tidak akan menghalangi kami untuk mencapai tujuan yang sama. Bali United Jaya!”.

The Washington Post lantas mengunggah ulang foto tersebut yang disertai artikel dengan judul menarik: Christian, Muslim and Hindu soccer players in Indonesia use goal celebration to make political statement.

Selebrasi itu merupakan pesan damai untuk seluruh rakyat Indonesia yang penuh keberagaman, baik suku, agama, maupun ras.

Ketiga pemain Bali United itu memiliki keyakinan berbeda dan melakukan selebrasi berbeda pula. Namun, tujuan mereka tetap sama yakni persatuan.

Dalam tulisan di The Washington Post, foto tersebut membuat adem suhu politik di Indonesia yang akhir-akhir ini memanas lantaran mengancam kehidupan toleransi beragama.

Ngurah Nanak, Yabes Roni, dan Miftahul melakukan cara sederhana untuk menyampaikan pesan damai lewat bahasa sepak bola.

Foto tersebut dipuji karena menggemakan pesan damai lewat foto selebrasi tiga pemain Bali United. Bukan rahasia lagi, sepak bola bisa menyatukan perbedaan dan seluruk rakyat di suatu negara.

(epr/jpg)

loading...

Feeds