Perusahaan Nakal, Pemilik dan Pemegang Saham Juga Bisa Kena Blacklist

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa saat meninjau pembangunan jalan tol.

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa saat meninjau pembangunan jalan tol.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyiapkan kebijakan lebih ketat dan tegas dalam menindak perusahaan yang curang atau memiliki riwayat buruk dalam menyelesaikan paket pekerjaan lelang.

Jika sebelumnya tindakan blacklist hanya berlaku pada perusahaan, maka nantinya hal serupa akan menimpa pemilik perusahaan dan pemegang saham.

BACA JUGA:

DPRD Jabar Kesal Proyek Jalur Puncak II Mangkrak

Jabar Sedikitnya Harus Bangun Lagi Lima Proyek Waduk

“Biasanya, daftar hitam nanti berlaku tidak hanya perusahaan saja, tapi juga untuk pemilik perusahaan pemegang saham. (Tahun ini) Diusulkan kepada LKPP,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa.

Ia berharap, berlakunya kebijakan tersebut dapat mempersempit ruang bagi oknum perusahaan nakal yang mengerjakan proyek pemerintah. Sehingga, presentase proyek pembangunan mangkrak bisa ditekan.

Lalu, untuk mengimbangi kebijakan itu, Iwa menjelaskan, pembenahan pun akan dilakukan terhadap sistem layanan pengadaan.

“Jika sudah begitu, secara tidak langsung memperkecil tatap muka antara perusahaan dan yang melakukan lelang. Maka kemungkinan transaksi nakal juga bisa ditekan,” terangnya.

Lebih jauh Iwa mengatakan, kebijakan yang cenderung tegas dan pembenahan sistem yang dilakukan itu bertujuan untuk lebih memaksimalkan lagi penyerapan anggaran.

loading...

Feeds

Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …