Bayi Perlu Diberi Snack, Sebab Begini Manfaat Pentingnya

Ilustrasi (ist)

Ilustrasi (ist)

POJOKBANDUNG.com – Para bunda sebaiknya sudah mulai mengajarkan gerak motorik buah hati saat si kecil sudah menginjak usia 8 bulan. Misalnya, dengan memberinya makanan selingan pendamping ASI (MPASI) seperti snack.

Dengan ukuran sesuai genggaman bayi, maka bayi sudah mulai bisa makan snack sendiri.

Psikolog Anak, Novita Tandry menjelaskan, snacking bayi usia 8 bulan ke atas dapat menjadi sarana melatih self-feeding skill atau kemampuan makan sendiri yang melatih kemandirian sejak usia dini.

Di masa ini, bayi juga sedang berada pada tahap perkembangan oral yaitu di mana bayi suka memasukkan benda apa pun ke dalam mulut.

Baca Juga:

Duh, Studi Ini Sebut Instagram Buruk untuk Kesehatan Mental Remaja

Bahaya, Begini Dampak Buruk bagi Kesehatan Kalau Lagi Kesepian

“Karenanya memberikan snack merupakan salah satu cara agar tetap dapat memenuhi rasa keingintahuannya, namun dengan cara yang aman, sehat, dan sesuai tahapan usianya,” katanya dalam Media Launc Promina Puffs, Rabu (8/6/2017).

Novita menambahkan, jam makan bayi tentu berbeda dengan orang dewasa. Karena itu bayi perlu makanan selingan sedikit demi sedikit sesuai waktunya.

Segala sesuatu indera di usia bayi, kata dia, tengah berkembang dengan sangat cepat sehingga diperlukan makanan tambahan.

“Harus ada selingannya. Perlu diingat, jangan terlalu porsinya besar seperti makan siang dan malam. Makanan selingannya juga harus tanpa pengawet dan dari bahan-bahan alami,” katanya.

loading...

Feeds

Truk menabrak warung di kawasan Cileunyi.

334 Nyawa Melayang Hingga H+2 Lebaran

POJOKBANDUNG.com- OPERASI Ramadniya 2017 tengah digelar pihak kepolisian. Selain mengamankan lebaran, polisi juga memfokuskan penanganan kelancaran  arus lalu lintas baik …