Ruang Seni di Bandung Minim, Regenerasi Seniman Tersendat

Murid SDN Mandiri 5 melakukan latihan tari. Foto: Bahi Binyatillah

Murid SDN Mandiri 5 melakukan latihan tari. Foto: Bahi Binyatillah

 

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung dikenal gudangnya para seniman. Tidak sedikit karya para seniman Bandung yang dipamerkan di tingkat nasional maupun internasional.

Namun, akhir-akhir ini seniman di kota kembang seolah tak menemukan ruang untuk menyalurkan proses kreatifnya. Segi sarana dan prasaran penunjang, tidak memadai.

Apih (40) seniman music bambu mengatakan, keberlangsungan seni di Kota Bandung menjadi tanggung jawab bersama.

Menurutnya pemerintah tidak bisa sekedar memerhatikan dari ketersediaan segi fasilitas saja, melainkan juga mau mengatasi regenerasi seniman.

“Tidak hanya berpikir soal pasar, siapa yang terlibat, fasilitasnya apa saja. Tapi harus membantu memikirkan bagaimana regenerasi seniman ke depan jika fasilitas penunjangnya tidak ada,” ucapnya saat ditemui Radar Bandung (grup Pojokbandung).

Terkait banyaknya ruang publik di Kota Bandung yang bisa dijadikan tempat berkarya dan melahirkan regenerasi seniman, kata Apih, hal tersebut tidak bisa ditentukan begitu saja lantaran kesenian atau proses berkesenian harus melihat faktor kenyamanan lingkungan.

“Kami tidak mau kesenian yang bergantung pada swasta atau pasar yang dipertontonkan, sebab ujungnya hanya penampilan seremonial semata. Perlu penegasaan dari pemerintah untuk mempermudah akses para seniman,” tegas Apih.

Ia mengatakan, seharusnya gedung-gedung yang diperuntukan demi kesenian itu digunakan sesuai dengan fungsinya.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari tetap kekeuh menyarankan, para seniman bisa memanfaatkan ruang publik untuk berkarya.

“Ruang publik yang tersedia di Kota Bandung bisa dimanfaatkan untuk membangun kesenian atau juga membangun regenarasi,” ujar Kenny saat dikonfirmasi di Padepokan Seni Mayang Sunda, Bandung.

Kata Kenny, sebuah pertunjukan tidak harus dilakukan di dalam ruangan (gedung) namun bisa dilakukan di luar ruangan. “Jadi, silahkan gunakan dan manfaatkan ruang publik,” singkatnya.

Kenny berdalih, pemakaian ruang publik sangat membantu pengeluaran anggaran sekaligus alternatif untuk menekan mahalnya biaya sewa gedung untuk sebuah pertunjukan.

“Taman-taman di Kota Bandung silahkan beri ruh dengan karya seorang seniman,” ujarnya.

(elg)

loading...

Feeds

mantan-top-skorer-mu-tunggu-tawaran-persib_c_139920 (1)

Spaso Tunggu Pinangan Persib

POJOKBANDUNG.com, PERSIB- Ilja Spasovic menantikan tawaran Persib Bandung. Saat ini, top skorer Melaka United itu memang tengah dalam kondisi bebas …