Pencurian BBM oleh SPBU Nakal, Beli 10 Liter Berkurang Setengah Liter

Ilustrasi. Foto: AFP

Ilustrasi. Foto: AFP

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Polisi sadang menelusuri kemungkinan pencurian BBM oleh para pemilik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tersebar di Jawa Barat.

Hal itu dilakukan menyusul ditangkapnya pemilik 3 SPBU yang memasang alat paritraid circuit board (PCB) yang berfungsi memperlambat pengisian atau mengurangi takaran BBM.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Jawa Barat (Ditreskrimsus Polda Jabar), Kombes Pol Samudi, tersangka mendapat alat dengan cara membeli dari seseorang yang kini dalam pengembangan penyelidikan.

Pemilik 3 SPBU itu berinisial NAB (52) yang kini dibekuk Polda Jabar. Kepada wartawan, NAB mengaku melakukan aksinya selama dua tahun kebelakang ini.

Pengusaha SPBU yang beroperasi di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi itu terbukti sengaja memasang alat penahan literan BBM pada Fuel Dispenser demi meraup keuntungan berlipat.

Samudi menjelaskan, terungkapnya praktik curang SPBU ini, berawal dari banyaknya keluhan masyarakat yang beli  BBM milik tersangka di SPBU Kecamatan Cikalong, SPBU Kecamatan Cipanas, dan SPBU di Kabupaten Sukabumi.

Keluhan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan penyelidikan.

“Dari hasil penyidikan terungkap, tersangka memasang alat PCB di ketiga SPBU, yakni di SPBU bernomor 34.43212, Jalan Raya Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur, dua alat di SPBU Cipanas dan satu alat di SPBU Sukabumi,” papar Samudi.

“Alatnya berwarna hijau yang bisa dikendalikan dari ruang kerjanya.”

Dengan memasang alat tersebut, lanjutnya, tersangka bisa mengurangi takaran. Dari 10 liter BBM yang dibeli konsumen, berkurang sekitar setengah liter lebih.

“Tersangka dijerat dengan UU No 2 Tahun 1981 tentang Metrologi Legal Pasal 32 Ayat 1 dan UU Perlindungan Konsumen,” pungkasnya.

(nda)

loading...

Feeds

Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …