Walah, Masjid Istiqlal Diancam Diledakkan Kakek 69 Tahun, Ini Alasannya

Masjid Istiqlal (ist)

Masjid Istiqlal (ist)

POJOKBANDUNG.com- POLDA Metro Jaya telah menangkap pria paruh baya bernama Mudji Dahcri, 69, Rabu (31/5) dini hari lalu. Dia adalah kakek-kakek yang mengancam akan meledakan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Sabtu (27/5).

Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy Febrianto Kurniawan mengatakan, dari pemeriksaan pelaku mengaku sengaja mengancam karena kesal. “Terus tidak suka secara pribadi sama pengurus masjid itu karena khotbahnya, katanya disampaikan dengan kasar. Jadi, alasannya pribadi,” kata Hendy, Sabtu (3/6).

Meski mengancam dengan bahan peledak, dia memastikan pelaku yang sudah tua itu tak ada kaitannya dengan jaringan teroris. “Kalau kita cek dari analisa pribadi, dari bacaannya, dia enggak ada dari jaringan teror manapun,” sambungnya.

Selain itu, penyidik juga memeriksa kejiwaan dari pelaku. Akan tetapi sampai sekarang belum keluar hasil pemeriksaannya.

Sebelumnya Jajaran Ditreskrimum Polda Metro Jaya menangkap seorang pria paru baya bernama Mudji Dahcri (69) pada Rabu (31/5) dini hari lalu. Dia adalah pria yang mengancam akan meledakan Masjid Istiqlal, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pelaku ini ditangkap usai penyidik melakukan pengembangan dari penangkapan Iyus Lesmana yang diduga sebagai pengancam bom pada 27 Mei 2017 lalu.

“Awalnya Iyus kami tangkap. Dari pemeriksaan, dia bukanlah pelaku karena handphone dan sim card-nya sedang diperbaiki. Yang memegang (ponsel) adalah pelaku (Mudji),” tutur Argo, Sabtu (3/6).

Lebih lanjut dia menerangkan, dari penangkapan Mudji polisi menyita empat unit telepon genggam, sebuah sim card, KTP dan sebelas buku agama yang disimpan pelaku. “Jadi pelaku ini kami tangkap di Masjid Istiqlal juga,” sambungnya.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dikenakan Pasal 6 undang-undang nomor 15 tahun 2003 tentang tindak pidana terorisme.

(elf/jpg/pojokbandung)

loading...

Feeds