Anda Penderita Sakit Maag? Ini Tips Berpuasa yang Nyaman

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG- PENDERITA penyakit maag mungkin akan sedikit kesulitan untuk menjalankan ibadah puasa Ramadan. Dikarenakan saat puasa, asam lambung akan meningkat setelah lambung mengalami kekosongan selama lebih dari 6 jam.

Hal itu yang akan menimbulkan gejala penyakit maag. Tapi Anda tak perlu khawatir, kini ada tips puasa bagi penderita maag.

BACA JUGA:

Ingin Bebas Lemas Saat Puasa? Lakukan Ini Saat Sahur

Tidur setelah Sahur Banyak Efek Buruknya, Sebab….

Sebelum mengetahui tipsnya, terlebih dulu mengetahui penyebab terjadinya maag. Penyakit maag terjadi akibat adanya peningkatan produksi asam lambung.

Penderita maag sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menjalankan puasa. Berikut tipsnya:

1.Penderita maag harus cermat dalam memilih makanan. Makanan yang direkomendasikan bagi penderita maag adalah makanan yang mengandung serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. Diantaranya adalah beras merah, pisang, apel, dan kurma.

2.Bagi penderita maag hindari makanan dan minuman yang mengandung gas, lemak, dan makanan yang dapat memicu timbulnya maag seperti gorengan, santan, cuka, makanan pedas, kopi dan minuman bersoda.

3.Penderita maag sangat disarankan untuk menyegerakan berbuka. Penyakit maag biasanya kambuh jika penderitanya sering terlambat makan disertai dengan pola makan yang buruk.

4.Sebaliknya ketika sahur, penderita maag sangat tidak disarankan tidur kembali setelah makan sahur. Sebab lambung akan mengalami peningkatan sekresi asam lambung sehinggga mengakibatkan lambung terasa begah, nyeri dan mual.

5.Penderita maag sebaiknya penuhi konsumsi air putih.

(mia/pojoksatu/ca)

loading...

Feeds

Akan Ada Mini Bandung di Ukraina

Kerjasama ini terbangun setelah Pemkot kota Bandung mendapat mandat Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina pada Oktober 2017 untuk mengenalkan budaya …