Mudik Lebaran, Begini Upaya Kemenhub Benahi Seluruh Moda Transportasi

Pemudik jelang Lebaran.

Pemudik jelang Lebaran.

POJOKBANDUNG.com- KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) masih terus melakukan pemeriksaan seluruh moda transportasi, sesuai dengan Instruksi Menteri Perhubungan Nomor 40/2017.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto mengatakan, seluruh kendaraan atau moda transportasi yang akan digunakan untuk angkutan Lebaran diperiksa kelayakannya, baik moda darat, laut, udara, maupun kereta api. “Istilahnya ramp check,” ujar Pudji, Sabtu (3/6).

BACA JUGA:

Mudik Lebaran, Polda Jabar Berlakukan Sistem Ganjil-Genap

Penting untuk Calon Pemudik! Polisi Dirikan Check Point di Jalur Pantura

Menurut Pudji, diperkirakan ada 48.790 bus yang akan diperiksa kelayakannya. Ramp check sudah dilakukan sejak 17 April 2017 hingga nanti H-15 atau 10 Juni 2017.

Pudji menyampaikan, pihaknya terus melakukan persiapan mudik aman dan selamat sampai di tujuan, seperti infrastruktur, moda transportasi dan menyiapkan operator serta pengemudi.

“Kemenhub terus melakukan pemeriksaan kepada pengemudi sebelum berangkat, serta operator yang nantinya dilakukan pembinaan supaya mengurangi resiko terjadi kecelakaan pada saat mereka melaksanakan tugas,” jelasnya.

Selain itu Kemenhub juga terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Polri, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Basarnas dan stakeolder lain. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan pemeriksaan angkutan moda tranportasi darat, laut, udara dan kereta api.

Lebih lanjut,  Kemenhub juga telah menyediakan program mudik gratis melalui kereta api, truk untuk sepeda motor, kapal roro dan kapal laut. Apabila ingin mendaftar masyarakat hanya perlu mengakses situs mudikgratis.dephub.go.id ‎atau melalui pendaftaran offline yang sudah ditentukan.

Program ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan sepeda motor untuk mudik ke kampung halaman. Sepeda motor memiliki potensi kecelakaan lalu lintas yang sangat tinggi. “Saya menghimbau masyarakat yang akan mudik menggunakan sepeda motor untuk memanfaatkan program mudik gratis dari Kementerian Perhubungan,” pungkasnya.‎

(cr2/jpg/pojokbandung)

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Raih Paramakarya 2017

Gubernur Jawa Barat mendapatkan Penghargaan Produktivitas Paramakarya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia karena dinilai telah sukses memberikan dukungan dan pembinaan …