Anggota Polri yang Tak Bekutik Hadapi Persekusi, Begini Jadinya

Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: JPG/dok.JPNN.com

Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Foto: JPG/dok.JPNN.com

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Tito Karnavian memasukkan nama AKBP Susmelawati Rosya dalam Surat Telegram mengenai mutasi dan rotasi di tubuh Polri. Kapolres Solok itu dicopot dari jabatannya untuk kemudian dipindah menjadi Kabagwatpers Rosdm Polda Sumatera Barat.

Pencopotan Susmelawati terkait kasus persekusi yang terjadi di Solok. Persekusi adalah pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas.

Persekusi menimpa seorang dokter bernama Fiera Lovita. Fiera yang dianggap melecehkan tokoh ormas tertentu di media sosial miliknya. Ia kemudian mendapat intimidasi dan teror.

”Kapolri membuktikan omongannya,” jelas As SDM Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto.

Sebelumnya, Kapolri memang menegaskan dirinya tak akan segan mengganti para bawahannya yang tidak tegas dalam menindak pelaku persekusi.

Posisi Susmelawati akan digantikan oleh AKBP Dony Setiawan yang sebelumnya menjabat Kepala Unit II Subdirektorat IV Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri.

Jumat (2/6/2017) lalu, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menegaskan anggota Polri yang tidak berani dan tak memberikan perlindungan kepada masyarakat terkait persekusi akan ditindak tegas.

“Saya tidak akan segan-segan untuk mencari dan mengganti orang yang lebih tegas,” katanya.

Ia menjelaskan, penindakan pidana persekusi tidak perlu menunggu laporan. Sebab, persekusi bukan delik aduan. Melainkan delik pidana.

“Bisa, bisa diproses hukum karena itu bukan delik aduan. Kalau polisi sendiri tahu, ya polisi akan kejar,” kata Tito di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan di Widya Chandra.

(boy/pda/jpnn)

loading...

Feeds

mantan-top-skorer-mu-tunggu-tawaran-persib_c_139920 (1)

Spaso Tunggu Pinangan Persib

POJOKBANDUNG.com, PERSIB- Ilja Spasovic menantikan tawaran Persib Bandung. Saat ini, top skorer Melaka United itu memang tengah dalam kondisi bebas …