Pasar Tumpah Sumbang Kemacetan Arus Mudik, Begini Solusi Pemprov Jabar

 Tim Satgas gabungan  mengecek sumber kemacetan di sekitar Pasar Padalarang, Jl. Raya Purwakarta, Rabu (29/6). Foto: Habibie

Tim Satgas gabungan mengecek sumber kemacetan di sekitar Pasar Padalarang, Jl. Raya Purwakarta, Rabu (29/6). Foto: Habibie

 

POJOKBANDUNG,com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Kepolisian dan Satpol PP di Kabupaten/Kota akan menertibkan puluhan pasar tumpah. Hal itu sebagai upaya pencegahan kemacetan pada arus mudik Lebaran.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, pasar tumpah merupakan persoalan yang masih menjadi hambatan di jalur mudik.

BACA JUGA:

Mudik Lebaran, Polda Jabar Berlakukan Sistem Ganjil-Genap

Jelang Mudik, Masih Ditemukan Bus Tak Layak Jalan di Terminal Leuwipanjang

“(Pasar tumpah) ini fenomena musiman yang terjadi pada saat-saat tertentu termasuk menjelang hari raya, namun keberadaannya menimbulkan permasalahan berupa kemacetan lalu lintas,” katanya.

Berdasarkan catatan, sedikitnya ada 20 titik pasar tumpah di jalur utara. Sementara jalur tengah 15 titik pasar tumpah dan jalur selatan 5 titik.

Berbeda dengan pasar tumpah, penanganan untuk pasar tradisional dengan akses hanya dari jalur utama hanya akan dilakukan relokasi.

“Kondisi kemacetan dan perbaikan infrastruktur  untuk jalur tengah daerah Ciawi, Puncak dan Cipanas pun diminta untuk dituntaskan,” ujarnya.

Sementara meski ada kerusakan namun secara umum infrastruktur di Jawa Barat siap digunakan unuk jalur mudik 2017. Dia memastikan pihak Dinas Perhubungan dan Bina Marga Jabar bekerja sesuai prosedur.

“Dinas juga sudah menyiapkan tenaga-tenaga teknis di lapangan untuk menunjang operasional,” cetusnya.

(bbb)

loading...

Feeds

Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …