Di Gang Sempit di Bandung Ini Masjid Berdampingan dengan Vihara, Warganya Hidup Rukun Tenteram

Warga muslim berbincang dengan warga yang memeluk agama budha di Gang Ruhana, Lengkong Kecil,  Kota Bandung. Di Gang sempit tersebut berdiri Vihara Girimetta sejak 1946 silam yang berdempetan dengan Masjid Al Amanah dan Menjadi kampung percontohan toleransi umat beragama.  (Riana Setiawan)

Warga muslim berbincang dengan warga yang memeluk agama budha di Gang Ruhana, Lengkong Kecil, Kota Bandung. Di Gang sempit tersebut berdiri Vihara Girimetta sejak 1946 silam yang berdempetan dengan Masjid Al Amanah dan Menjadi kampung percontohan toleransi umat beragama. (Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Kerukunan dan toleransi umat beragama terjadi di Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.

Tepatnya di Gang Ruhana atau 50 meter masuk ke dalam gang berdiri sebuah bangunan Vihara Girimetta yang berdampingan dengan Masjid Al-Amanah.

BACA JUGA:

Pondok Pesantren di Cileunyi Ini Gratiskan Biaya Pendidikan Para Santri

Ngabuburit Sambil Menyimak Perubahan Masjid Agung dari Masa ke Masa

Tempat ibadah umat Budha itu dibangun sejak 1946. Sedangkan Masjid Al-Amanah awal pembangunannya direncanakan pada 1980-an meskipun terealisasi 2014 lalu.

Kedua tempat ibadah itu masing-masing jamaahnya tidak pernah merasa terganggu setiap kali ada kegiatan keagamaan. Kedua jamaah saling menghargai.

Hal itu terbukti, salah satunya saat umat muslim menjalankan Ibadah Salat Jumat. Sebagai bukti toleransi, Vihara Girimetta ditutup untuk sementara demi menghargai umat muslim beribadah.

“Ini sudah berlangsung sejak dulu, bukan hanya jumatan saja tapi hari-hari besar dan kegaiatan keagamaan lainnya,” ucap salah seorang staf DKM Masjid Al-Amanah, Bani.

Bani melanjutkan, sebaliknya jika umat Budha sedang menjalankan kegiatan keagamaan maka umat muslim pun demikian. “Kami harus saling menghargai,” timpal Bani.

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Raih Paramakarya 2017

Gubernur Jawa Barat mendapatkan Penghargaan Produktivitas Paramakarya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia karena dinilai telah sukses memberikan dukungan dan pembinaan …