Mudik Lebaran, Polda Jabar Berlakukan Sistem Ganjil-Genap

Pemudik jelang Lebaran.

Pemudik jelang Lebaran.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat siap memberlakukan sistem ganjil-genap pada arus mudik Lebaran 2017.

Direktur Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat, Kombes Pol Tomex Kurniawan menilai, jalur mudik di wilayah hukum Polda Jawa Barat layak menggunakan pola ganjil genap.

BACA JUGA:

Tol Cisumdawu Bakal Digunakan Arus Mudik Lebaran

Anda Berencana Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor? Baca Dulu Ini

Dengan catatan, ada kajian yang komprehensif dan mampu mengurangi risiko kecelakaan.

“Saya kira layak, karena Jawa Barat adalah perlintasan. Tetapi perlu kajian terlebih dulu.  Dalam pengoperasionalan ganjil genap, tentu ada tingkat pusat yang mengatur itu. Karena ada tiga wilayah yang bersinggungan, yaitu Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah,” ujar Tomex.

Tomex menjelaskan, untuk antisipasi arus mudik saat ini, pihaknya memprioritaskan penanganan di Jalur Utara yang meliputi tol Cikopo Palimanan (Cipali) dan ruas jalan Pantura.

“Kami prioritaskan pada arus yang menuju Jawa Barat lewat jalur Utara seperti di Cipali, Pantura. Kami persiapkan sedini mungkin untuk arus mudik dan balik,” ujarnya.

Tomex menambahkan, peningkatan kendaraan pribadi pada arus mudik Lebaran 2017 diprediksi akan meningkat 10 persen dengan dominasi kendaraan roda dua.

“Kalau kami lihat, antara lima sampai 10 persen dari jumlah pertumbuhan kendaraan yang ada. Roda dua itu yang kita imbau (agar ikut) angkutan umum atau mudik gratis menuju pulau jawa maupun Sumatera,” tandasnya.

(nif/rmo/mam/jpg/pojokbandung)

 

loading...

Feeds