Bripka Ase Kusmana, Polisi Baik, Jujur, Disegani dan Dicintai Masyarakat

Bripka Ase Kusmana (Radar Cianjur)

Bripka Ase Kusmana (Radar Cianjur)

POJOKBANDUNG.com, CIANJUR- Masyarakat yang kerap melewati Jalan Raya depan Pasar Cipanas pasti tak akan asing dengan Bripka Ase Kusmana (54).

Selama 29 tahun ia mengatur lalu lintas di tempat yang sama dan tidak pernah berpindah. Kini kebaikannya terhadap warga yang melintas tengah ramai dibahas netizen.

BACA JUGA:

Bripka Ase, Polisi Legendaris Asal Cianjur Viral di Dunia Maya

Setelah Viral, Netizen Agendakan Kopdar Bahas Kado Lebaran untuk Bripka Ase

Ase bertugas di Polsek Pacet sejak tahun 1988 dan langsung ngepos di Pos Lalu Lintas 55/8 Cepu. Puluhan tahun bertugas Ase selalu diam di titik yang sama seperti pertama kali dia ditugaskan Jaga dan Atur (Gatur) lalu lintas.

Postingan itu kemudian memicu pembuatan grup bernama ’Hadiah Lebaran Untuk Pak Ase’ yang kini anggotanya mencapai lebih dari 2.000 pengguna media sosial Facebook.

Seperti dikutip dari Radar Cianjur (grup pojokbandung.com), salah seorang penggagas aksi sosial tersebut, Cevi Andiana menuturkan, sengaja memposting dukungan kepada Pak Ase, sehingga menjadi viral di dunia maya dan masyarakat Cipanas pun jadi mengetahuinya.

”Baru satu hari saya dan teman memposting di medsos sudah ribuan masyarakat mengapresiasi dan mendukung Pak Ase. Kami ingin memberikan bingkisan dan hadiah bentuk penghargaan terhadapnya,” tuturnya.

Menurutnya, Pak Ase itu merupakan sosok polisi yang baik dan jujur, sehingga disegani dan dicintai masyarakat. ”Kami bukan takut dengan Pak Ase, tapi dihadapannya kami malu jika melanggar aturan lalu lintas,” paparnya.

Tokoh Pemuda Cimacan Sansan mengaku, Pak Ase ini sudah menjadi ikon polisi yang bersahaja. Beliau menjadi contoh dan sauri tauladan polisi yang baik. “Beliau memiliki dedikasi, totalitas, sopan santun, dan keserdahanaan. Jadi sudah sepantasnya kami masyarakat Cipanas memberikan penghargaan,” tuturnya.

(fhn/ca/pojokbandung)

loading...

Feeds