Proyek LRT Bandung Kembali Molor, Pemkot Baru Akan Lelang

Ilustrasi LRT

Ilustrasi LRT

 

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Proyek pengerjaan Light Rapid Transit (LRT), dipastikan akan kembali molor. Sebab, karena Pemkot Bandung baru akan melakukan lelang.

“Sebelumnya, dengan bantuan Perpres (Peraturan Presiden,red) kami bisa melakukan penunjukan, untuk proyek ini. Tapi karena batal, ya akan kita lakukan lelang,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung Didi Ruswandi, kepada wartawan, Selasa (30/5/2017).

Didi mengatakan, sebelum ini PT Pembangunan Perumahan (PP) sudah mengajukan diri sebagai pemrakarsa proyek LRT, namun mereka tidak sanggup dengan persyaratan yang harus dipenuhi sebagai pemrakarsa.

Syarat terberat yang tidak sanggup mereka penuhi adalah memiliki modal 100 persen.

“Jadi kalau mereka ingin jadi pemrakarsa, harus bisa menutupi semua kebutuhan yaitu sebesar Rp1,3 triliun. Sementara, mereka membutuhkan dana bantuan dari pemerintah sebesar Rp300 milyar,” paparnya.

Yang kemudian menjadi masalah adalah, APBD Kota Bandung tidak bisa menutupi kebutuhan tersebut.

Karenanya, yang kemudian menjadi pertimbangan sekarang, adalah mengubah Pemkot Bandung menjadi pemrakarsa. Namun, membeli kajian yang dimiliki PT PP.

“Keuntungan jika Pemkot Bandung menjadi pemrakarsa adalah, bisa merekomendasikan kepada PT PP untuk mencari pembiayaan lain, misalnya bekerjasama dengan PT KAI,” terangnya.

Pembangunan LRT ini akan segera dilelang dengan cara KPBU (kerjasama pemerintah dengan badan usaha). Lelang akan dilakukan setelah pemerintah mendapatkan dokumen dari PT PP.

“Setelah dokumennya ada segera kita lelangkan,” ungkapnya.

Selama ini, kata Didi, lelang belum dilakukan. Karena pemkot berharap adanya Pepres penunjukkan langsung. Namun pepres itu dibatalkan sehingga PT PP tak bisa langsung ditunjuk langsung mengerjakan proyek tersebut.

“Lalu PT PP mengajukan menjadi pemerkasa, namun tak memenuhi syarat. Akhirnya, pemerintah yang jadi pemerkasanya dan kita akan lakukan lelang dengan sistem KPBU,” ungkapnya.

(mur)‎

loading...

Feeds