Waduh! Rudal Korea Utara Jatuh di Perairan Jepang

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto: Newsweek

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Foto: Newsweek

POJOKBANDUNG.com – Korea Utara (Korut) benar-benar menantang dunia internasional. Tidak peduli dengan segala ancaman, mereka kembali menghelat uji coba nuklir.

Kali ini yang ditembakkan adalah rudal balistik jarak dekat. Dan, hasilnya sukses. Bahkan, ini menjadi uji coba paling sukses di antara uji coba lainnya.

Pengamat perang mengatakan kesuksesan tes ini menunjukkan kemajuan Korut dalam mengembangkan rudal mereka yang mampu membawa kepala rudal nuklir.

Uji coba itu kembali bikin negara lain berang. Terutama Jepang.

Sebab, Rudal Scud itu melesat 450 kilometer dari lokasi awal dan jatuh di perairan Jepang. Mereka pun langsung melayangkan protes atas aksi itu meski sepertinya Korut tidak akan menanggapinya.

Korut sudah berkali-kali melanggar resolusi PBB untuk menghentikan semua aktivitas nuklir dan rudal. Tetapi, alih-alih mematuhi, Korut malah menghelat beberapa kali uji coba rudal balistik mereka.

Komando Pasukan Amerika Serikat (AS) menyatakan kalau rudal terkini itu diluncurkan dari Wonsan, Korut, dan terbang selama enam menit sebelum mendarat.

Ketua Menteri Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan kalau rudal itu mendarat antara kepulauan Sado dan Oki di Jepang. Itu masuk adalam zona ekonomi eksklusif Jepang.

Peluncuran itu dilakukan sehari setelah media resmi Korut menulis laporan mengenai sistem anti-pesawat tempur Korut. Mereka juga merilis foto pemimpin Korsel Kim Jong-un yang melihat tes tersebut.

(BBC/CNN/tia/JPG)

loading...

Feeds

Kian Patuh Sambil Makan Bakso Puyuh

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI–Puluhan pelaku Usaha Kecil dan Menegah (UKM) di wilayah Pelabuhan Ratu mengikuti diskusi bertajuk “Peran UKM Untuk Negeri” di …

Bangun Ekonomi Rakyat, DPD Sosialisasi LPDB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Peran Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) sangat strategis untuk membantu pengembangan ekonomi kerakyatan …