Masjid Agung Siapkan 1.000 Takjil Tiap Harinya

Kegiatan ibadah di Masjid Agung Bandung. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Kegiatan ibadah di Masjid Agung Bandung. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG Masjid Raya Bandung Provinsi Jawa Barat (Masjid Agung) menyediakan 1.000 paket takjil setiap harinya selama Ramadan.

Ketua DKM Masjid Raya Bandung, Cece Subrata mengatakan 1.000 paket takjil ini diperuntukkan bagi jamaah yang berbuka puasa di masjid yang terletak di Alun-Alun Kota Bandung itu.

“Ya untuk masyarakat, khususnya masyarakat yang mengikuti pengajian sebelum berbuka yang rutin diselenggarakan DKM masjid,” katanya, seperti dikutip Radar Bandung (grup Pojokbandung), Senin (29/5/2017).

Sebelum buka puasa, sejumlah kegiatan menyambut adzan magrib pun diselenggarakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Mereka dibawa dulu ngaji bersama. Dari pukul pukul 17.00 sudah mulai baca Al-quran. Setelah itu ada ceramah tausyiah. Jadi mereka itu masuk ke sana bukan hanya minta takjil, tetapi nyari ilmu juga. Ada pengajian, ceramah. Akhirnya takjil bersama,” katanya.

Ia menuturkan paket takjil ini berisikan makanan ringan untuk membatalkan puasa. Takjil disiapkan dari para donatur juga kas DKM Masjid Raya Bandung.

Selain dari instansi pemerintahan, juga menerima sumbangan dari masyarakat, para pengusaha, atau perusahaan lainnya. Hal ini sangat diapresiasi karena membantu memfasilitasi ibadah umat Muslim.

Program Ramadan lainnya di Masjid Raya Bandung antara lain  salat tarawih dan ceramah agama rutin. Sejumlah tokoh-tokoh agama Jawa Barat hingga nasional seperti Imam Besar Masjid Istiqlal direncanakan akan mengisi jadwal tersebut.

Ada juga kegiatan-kegiatan yang bersifat edukasi bagi masyarakat. Sebagai sarana meningkatkan ilmu agama hingga pesantren remaja.

“Ada pelatihan pelatihan seperti pemeliharaan jenazah, pelatihan tentang waris. Nah kemudian ada kegiatan kegiatan yang lain setiap hari dilaksanakan seperti Tafsir al Quran,” tuturnya.

Selain itu, disiapkan pula peringatan Nuzulul Quran. Kegiatan ini akan menambah semarak Ramadan di Jawa Barat tahun ini.

(bbb)

loading...

Feeds

Kian Patuh Sambil Makan Bakso Puyuh

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI–Puluhan pelaku Usaha Kecil dan Menegah (UKM) di wilayah Pelabuhan Ratu mengikuti diskusi bertajuk “Peran UKM Untuk Negeri” di …

Bangun Ekonomi Rakyat, DPD Sosialisasi LPDB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Peran Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) sangat strategis untuk membantu pengembangan ekonomi kerakyatan …