Tidur Mempengaruhi Umur Kita! Begini Penjelasannya

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- BERLAWANAN dengan kepercayaan populer, orang dewasa yang lebih tua justru membutuhkan lebih banyak tidur, menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Neuron.

Bahkan, kurangnya kualitas tidur di antara orang tua bisa meningkatkan risiko kehilangan memori dan berbagai gangguan mental dan fisik lainnya, seperti penyakit alzheimer, jantung, obesitas, diabetes dan stroke.

BACA JUGA:

Jangan Tidur dengan Lampu Menyala! Ini Bahayanya

Sulit Tidur? Letakan Ini di Kamar Anda

“Hampir setiap penyakit yang membunuh kita di kemudian hari memiliki hubungan yang erat kaitannya dengan kurang tidur,” kata penulis senior studi dan profesor psikologi dan ilmu saraf di University of California, Berkeley, Matthew Walker, seperti dilansir laman Yahoo Health.

Menurutnya, banyak orang telah melakukan pekerjaan dengan baik untuk memperpanjang rentang hidup mereka, tapi memiliki pekerjaan yang buruk dalam hal meningkatkan rentang kesehatan mereka.

“Banyak orang kini mengetahui bahwa memperbaiki tidur merupakan jalur baru untuk membantu meningkatkan kesehatan,” jelas Walker. “Saya tidak terkejut dengan temuan ini,” kata Robert Oexman, direktur Sleep to Live Institute.

Banyak penelitian sebelumnya yang mempromosikan gagasan bahwa orang tua membutuhkan waktu tidur lebih sedikit didasarkan pada survei dari kebiasaan tidur mereka.

Tak hanya itu, mereka tidak mempertimbangkan bagaimana perasaan mereka tentang kualitas tidur dan kewaspadaan mereka pada siang hari.

loading...

Feeds