Ramadan Datang, Gepeng Serbu Cimahi

Ilustrasi (ist)

Ilustrasi (ist)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Keberadaan gelandangan dan pengemis (gepeng) di Kota Cimahi terus dipantau, khususnya ramadan dan jelang Lebaran yang cenderung bertambah.

Kabid Sosial Dinas Sosial Kota Cimahi, Agustus Fajar mengatakan gepeng musiman biasa muncul di bulan ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri. Bukan hanya yang berasal dari kabupaten/kota lain, bahkan dari luar provinsi Jawa Barat pun datang ke Cimahi.

Untuk jumlah gepeng di Cimahi sendiri, hingga bulan April 2017, kata Agustus, ada sebanyak 40 orang.

“Ke 40 orang ini sudah kami serahkan ke PSBK (Panti Sosial Bina Karya) di Bekasi untuk dibina agar mereka tidak kembali menjadi pengemis,” ujarnya.

Pihaknya pun akan mengimbau dan mengarahkan para gepeng yang datang dari luar Cimahi, baik dari kabupaten/kota lain maupun dari provinsi lain, Sedangkan untuk gepeng di luar Cimahi, terutama yang di luar provinsi, lanjut dia, pihaknya akan mengimbau kepada mereka untuk kembali ke daerahnya masing-masing.

“Kalau mereka tidak mempunyai ongkos, karena ini lintas provinsi maka akan dirujuk ke dinas sosial provinsi sebab di sana mereka punya anggaran untuk lintas provinsi,” tuturnya.

Ia menegaskan, di Cimahi sudah ada peraturan daerah (Perda) yang mengatur tentang tidak diperbolehkannya melakukan kegiatan meminta minta atau mengemis di Kota Cimahi.

“Jadi kalau masih ada gepeng yang membandel, nanti Satpol PP akan bertindak melakukan penertiban,” ujarnya.

Kendati demikian, meski dalam perda tersebut sudah ada ancaman tegas, namun pihak dinsos akan tetap mengambil tindakan secara persuasif dengan cara memberi peringatan terlebih dahulu.

“Kita akan ingatkan mereka, kemudian didata mereka berasal dari mana. Kalau mereka dari luar Cimahi kita sarankan untuk tidak mengemis di Cimahi. Karena bisa mengganggu kenyamanan dan keindahan kota,” pungkasnya.

(gat)

 

 

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Raih Paramakarya 2017

Gubernur Jawa Barat mendapatkan Penghargaan Produktivitas Paramakarya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia karena dinilai telah sukses memberikan dukungan dan pembinaan …