Raih Peluang Ekonomi Perempuan, Google Luncurkan ‘Womenwill’

HEAD of SMB Marketing Google Indonesia Fida Heyder (kiri), berbincang dengan Founder & CEO Papyrus Photo Aprilia Kristiawan (kedua kiri), Project Leader of Womenwill Campaign Google Indonesia  Fibriani Eliastri (ketiga kanan), dan Google Business Groups Bandung Pratiwi Sukmawati (kanan), pada acara Konferensi Womenwill yang bertajuk

HEAD of SMB Marketing Google Indonesia Fida Heyder (kiri), berbincang dengan Founder & CEO Papyrus Photo Aprilia Kristiawan (kedua kiri), Project Leader of Womenwill Campaign Google Indonesia Fibriani Eliastri (ketiga kanan), dan Google Business Groups Bandung Pratiwi Sukmawati (kanan), pada acara Konferensi Womenwill yang bertajuk "Wanita Mampu, Wanita Maju" di Jalan Peta, Kota Bandung (24/5).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Tepat satu minggu yang lalu, Google secara resmi mengumumkan peluncuran konferensi Womenwill di lima kota denga membahas topik utama seputar pengembangan bisnis kecil milik wanita.

Konferensi Womenwill pertama kali digelar di Jakarta. Bandung, dipilih menjadi kota kedua dalam konferensi serupa yang dihadiri 1.500 wanita pengusaha di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink di bilangan Kopo. Konferensi Womenwill selanjutnya akan diselenggarakan di Surabaya (14-15 Juni), Semarang (Juli), dan Denpasar (Agustus).

“Objektif dari Womenwill Indonesia adalah menghapus kesenjangan peluang ekonomi. Banyak wanita Indonesia ingin berbisnis namun tidak tahu harus memulai dari mana atau dengan cara apa,” Fibriyani Elastria, yang memimpin program Womenwill untuk Google Indonesia, pada saat membuka acara.

Ia pun menjelaskan, dalam membantu wanita Indonesia agar meraih lebih banyak peluang ekonomi untuk mencapai emansipasi dan kesejahteraan. Menurut laporan IFC tahun 2016 dengan judul ‘UKM yang Dimiliki Wanita di Indonesia’ 51% bisnis mikro dan kecil di Indonesia dimiliki oleh wanita, tapi hanya 34% bisnis ukuran menengah yang dimiliki oleh kaum wanita.

Selain itu, 47% wanita pengusaha Indonesia jarang memanfaatkan teknologi, seperti komputer, dalam mengembangkan bisnis mereka. “Dari beberapa studi, kami mengetahui bahwa bisnis yang hadir secara online tumbuh 80% lebih cepat dari bisnis yang masih offline,” Fibriyani menambahkan.

“Program Womenwill bertujuan untuk membimbing komunitas wanita wirausaha dan mendorong mereka untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman untuk membantu mereka berkembang dengan memanfaatkan teknologi.” Bebernya.

Lebih jauh, seorang pengusaha UMKM wanita di Bandung, Aprilia Kristiawan, Founder & CEO Papyrus Photo menjelaskan dampak signifikan yang dirasakan semenjak memutuskan bisnisnya going online.

“Memasuki gerbang dunia digital adalah cara terefisien, efektif, dan sangat memberi dampak. Tidak ada lagi biaya-biaya promosi yang melangit dengan dampak yang tidak bisa diukur. Musuh terbesar kita sebagai kaum perempuan adalah keterbatasan. Itu masa lalu ketika dunia digital belum ada. Sekarang, masanya dunia tanpa batas,” Paparnya.

Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan bisnis yang ditujukan khusus untuk para wanita Indonesia sangatlah penting. Oleh karenanya, melalui program Gapura (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat) Digital, Google juga membuat fokus turunan utama program yakni konferensi Womenwill yang berjalan beriringan di sejumlah kota di Indonesia.

“Acara ini tak dikenai biaya dan para peserta akan mendapatkan berbagai manfaat seperti mendapat inspirasi dari sesi sharing dengan wanita pengusaha yang telah berhasil membuktikan dirinya di dunia bisnis dan digital,” ujarnya.

Lalu, mendapat edukasi dan solusi praktis tentang cara menggunakan teknologi untuk memajukan usaha secara mudah dan efisien. Memperoleh akses untuk bergabung dalam komunitas UMKM wanita yang memiliki pengalaman dan passion dalam teknologi melalui komunitas GBG (Google Business Group).(nda)

loading...

Feeds

Truk menabrak warung di kawasan Cileunyi.

334 Nyawa Melayang Hingga H+2 Lebaran

POJOKBANDUNG.com- OPERASI Ramadniya 2017 tengah digelar pihak kepolisian. Selain mengamankan lebaran, polisi juga memfokuskan penanganan kelancaran  arus lalu lintas baik …