Ramah Lingkungan, Warga Desa Bendungan Panen Ikan dari Selokan

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, bersama Warga Kampung Naringgul Ciasin RW 10, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, malakukan panen ikan

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, bersama Warga Kampung Naringgul Ciasin RW 10, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, malakukan panen ikan

POJOKBANDUNG.com – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, bersama Warga Kampung Naringgul Ciasin RW 10, Desa Bendungan, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor, malakukan panen ikan perdana dari selokan yang selama setahun terakhir dimanfaatkan warga sebagai sarana budidaya ikan.

Masyarakat sekitar yang telah menerapkan budaya Eco-Village, atau prinsip desa berbudaya lingkungan, memanfaatkan selokan irigasi Ciasin yang mengalir membelah kampung tersebut, untuk budidaya ikan-ikan air tawar.

Dari sebelumnya selokan tersebut dipenuhi sampah, kini dapat dirasakan manfaat, dan dinikmati keasriannya oleh masyarakat sekitar.

“Kita kan gak menduga, di satu Desa seperti ini di mana rapat-rapat juga kan bangunan di sini, ada selokan kecil yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara optimal yaitu dengan memelihara ikan,” kata Deddy Mizwar, saat berkunjung ke Desa Bendungan, Selasa (23/05/2017).

Deddy mengatakan ‘kerajinan tangan’ masyarakat tersebut, bila dikembangkan lebih lanjut, dapat pula mendatangkan manfaat ekonomi.

Keasrian desa bisa dikembangkan sebagai potensi wisata desa berbudaya lingkungan, sementara budidaya ikan yang dilakukan masyarakat bisa jadi modal mengembangkan kewirausahaan masyarakat salah satunya di bidang kuliner.

Deddy mengaku kaget sekaligus bangga dengan yang dilakukan di desa Bendungan. Pihaknya mengapresiasi inisiasi yang dilakukan secara gotong-royong itu.

loading...

Feeds