Malang! Guru Honorer Ini Jadi Korban Pelecehan, tapi Kok Dipenjara

Save Ibu Nuril. Foto: Change.org

Save Ibu Nuril. Foto: Change.org

POJOKBANDUNG.com – Baiq Nuril, honorer yang mengabdi di SMAN 7 Mataram, sedang membutuhkan dukungan banyak pihak.

Nuril mengalami tindak pelecehan seksual oleh atasannya, kepala sekolah inisial HM. Namun kini ia justru menghadapi persidangan di Pengadilan Negeri Mataram, NTB.

Kasus yang menimpa Nuril mendapat simpati dari anggota Fraksi PDI perjuangan Rieke Diah Pitaloka. Ia menyatakan, Nuril membutuhkan dukungan atas kasus yang menimpanya.

Nuril kini dihadapkan ke meja hijau dengan tuduhan melanggar Pasal 27 ayat 1, junto Pasal 45 ayat 1 UU Nomor 19/2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

“Ibu Nuril ditahan sejak 27 Maret 2017. Dia diberhentikan dari pekerjaan, dipenjara dan harus mengalami persidangan karena dianggap mengungkap di media sosial indikasi tindak pelecehan seksual oleh atasannya, kepala sekolah inisial HM,” ujar Rieke.

Rieke menyayangkan proses hukum yang dihadapi Nuril yang harus dipenjara, sementara HM yang terindikasi kuat pelaku pelecehan seksual saat ini naik jabatan dari kepala sekolah menjadi kepala Bidang Pemuda dan Olah Raga di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mataram.

Saat ini, Rieke bersama sejumlah aktivis di NTB sedang berada di PN Mataram, untuk mengawal persidangan Nuril.

Dia menjelaskan bahwa Nuril dituduh mentransmisikan rekaman elektronik bermuatan kesusilaan antara HM dengan Nuril.

“Mari berikan dukungan kepada majelis hakim Pengadilan Negeri Mataram agar menangguhkan penahanan Nuril,” kata Rieke yang selama ini fokus memperjuangkan status para honorer tersebut.

“Hari ini saya hadir langsung di PN Mataram menjadi penjamin.”

(fat/jpnn)

loading...

Feeds

malam takbir

Deddy Mizwar: Silakan Takbir Keliling

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengimbau masyarakat, khususnya warga Kota Bandung untuk menggelat takbir keliling secara …