Jelang Ramadan, Kebutuhan Daging Sapi Warga Bandung Diprediksi Naik 4 Kali Lipat

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Jelang Ramadan, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung memprediksi permintaan komoditas daging sapi dan kerbau meningkat empat kali lipat.

Kadis Pangtan Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan, dari total Rumah Potong Hewan (RPH) di Kota Bandung dalam satu hari normalnya hanya memotong 105 ekor sapi dan kerbau. Akan tetapi, menjelang H-1 Ramadan biasanya bisa menjadi 400 ekor dalam semalam.

“Ini menunjukan kebutuhan daging sapi dan kerbau untuk warga Bandung cukup tinggi,” ucap Elly.

Elly mengutarakan, selain H-1 Ramadan kebutuhan daging sapi dan kerbau menjelang Lebaran juga diprediksi naik hingga enam kali lipat atau 650 ekor sapi potong dalam satu malam.

“Itu akan terjadi H-2 Lebaran. Prediksi ini berdasarkan evaluasi kami dalam dua tahun terakhir,” tambah Elly.

Elly menyebut, untuk harga daging sapi di sejumlah pasar di Kota Bandung berkisar Rp80 ribu/kg sedangkan daging kerbau Rp 72 ribu/kg.

“Kami akan pantau terus harga di pasar agar tidak ada spekulan yang bermain dan memanfaatkan moment saat Ramadan ataupun menjelang Lebaran,” akunya.

Elly mengungkapkan, dalam menanggapi besarnya permintaan pasar terhadap daging sapi dan kerbau pihaknya akan melakukan Operasi Pasar Murah (OPM) selama Ramadan dan menjelang Lebaran di beberapa tempat strategis.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait,“ pungkasnya.

(arh)

loading...

Feeds