ISIS Mengaku Bertanggung Jawab Atas Teror Manchester

Para korban korban bom di konser Arianda Grande di Manchester, Inggris. foto : PA/thesun

Para korban korban bom di konser Arianda Grande di Manchester, Inggris. foto : PA/thesun

POJOKBANDUNG.com- TEKA TEKI pelaku teror bom mengerikan di Manchester Arena usai konser Ariana Grande mulai terkuak. Adalah Islamic State alias ISIS yang mengaku bertanggung jawab atas bom tersebut.

Disebutkan mereka, aksi itu dipicu bahan peledak yang sudah dipasang di lokasi kejadian. Klaim ISIS diposting mereka pada Telegram.

BACA JUGA:

Tragis! Korban Bom Konser Ariana Grande Bertambah, 22 Tewas, 59 Luka-luka

Teror Pengecut Serang Konser Ariana Grande: I Am So So Sorry

”Seorang tentara Caliphate berhasil meletakkan perangkat ledakan di tengah berkumpulnya Tentara Salib di kota Manchester dan meledakkannya,” tulis pernyataan itu. Tidak disebutkan apakah pelaku yang meletakkan bom itu ikut terbunuh. Ditambahkan mereka, kalau 30 oarng tewas dan 70 lainnya terluka. Klaim itu jauh lebih besar dibandingkan angka yang dirilis otoritas Inggris.

Namun, pernyataan ISIS itu belum diverifikasi kebenarannya. Polisi masih terus mencari dan membongkar semua rekaman CCTV di seluruh Manchester untuk menemukan pelaku. Berdasar penyelidikan sementara, pelaku mungkin sudah melakukan survei ke lokasi kejadian sebelum konser diadakan.

Tim forensik dan pasukan bom juga menyelidiki serpihan bom yang ditemukan. Dari penyelidikan sementara ditemukan kalau itu adalah bom level tinggi. ”Pelaku sepertinya sudah menjalani training dan bom tersebut bukan bom sederhana yang dibikin dari melihat video di internet,” ujar seorang sumber kepolisian.

Klaim ISIS memang masih harus diselidiki kebenarannya. Tetapi, pendukung ISIS “bersuka cita” atas teror yang terjadi Senin (22/5) pada pukul 22.30 waktu setempat itu. Tak hanya bergembira, ada dua postingan di Twitter yang sepertinya sudah menduga akan ada serangan bom bunuh diri di konser Ariana Grande. ”Ini cuma teror,” tulis seseorang pengguna Twitter pada pukul 18.30, Senin (22/5). Postingan itu berhastag #ISLAMICSTATE #manchesterarena #UK #British.

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Raih Paramakarya 2017

Gubernur Jawa Barat mendapatkan Penghargaan Produktivitas Paramakarya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia karena dinilai telah sukses memberikan dukungan dan pembinaan …