Perangkat Desa Kompak Tuntut Pemekaran Wilayah Kabupaten Bandung Timur

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Bandung mendukung penuh pemekaran wilayah timur Kab Bandung.

Mengacu Undang-undang No. 23/2014 tentang pemerintah daerah. Yang mana konsideran tersebut diperuntukkan untuk percepatan pelayanan publik dengan tujuan dimaksudkan untuk mengakselerasi urusan yang terkait dengan pelayanan dasar.

BACA: Warga Segera Deklarasi Besar-Besaran Pemekaran Kab Bandung Timur

Sekretaris Apdesi Kabupaten Bandung, Hilman mengatakan pemekaran merupakan sebuah langkah untuk kepentingan masyarakat banyak. Dengan tujuan membangun sinergitas antara pemerintah dengan masyarakat yang efesien.

“Dalam rangka pembangunan daerah berdasarkan kepentingan masyarakat, yang bersinergitas,” kata Hilman, Minggu (21/5).

BACA: Ditanya Pemekaran Kab Bandung Timur, Bupati Cuma Jawab Singkat Begini

Dengan luas wilayah yang terukur organisasi satuan pemerintah, diharapkan akan lebih mengoptimalkan potensi daerah guna mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan. Maka, dari itu wacana pemekaran Kab Bandung harus segera direalisasikan.

Kembali menuturkan, bahwa mempercepat akses pelayanan publik harus menjadi skala prioritas. Karena hingga saat ini, dengan jarak yang cukup jauh, hal itu menyulitkan masyarakat Kabupaten wilayah timur, terutama masyarakat Kecamatan Nagreg dan Cimenyan.

“Sangat menyulitkan bagi masyarakat dibeberapa wilayah, karena jarak yang menyita waktu,” ungkapnya.

Sejak jauh hari sebelumnya, sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kab Bandung wilayah timur memang sangat menidamkan wacana tersebut. Karena jika rencana pemekaran Daerah Otonom Baru (DOB) terealisasi akan lebih memudahkan masyarakat terkait permasalahan administrasi.

“Lebih memudahkan masyarakat di bagian wilayah timur untuk mengurus keperluan terkait administrasi ke pemerintahan,’’ ujarnya.

(cr4)

loading...

Feeds