KONI Cimahi Perketat Rekomendasi PPDB Lewat Jalur Prestasi

Atlet menembak Cimahi. (ilustrasi/ist)

Atlet menembak Cimahi. (ilustrasi/ist)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2017-2018 melalui jalur prestasi, khususnya olahraga akan diperketat. Hal tersebut dilakukan agar kualitas siswa-siswi lebih terjamin.

Agar tidak terjadi manipulasi data, Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kota Cimahi, punya persyaratan yang bisa direkomendasikan ketiap sekolah  apabila ada anak yang ingin melanjutkan sekolah melalui jalur prestasi.

Ketua KONI Cimahi Trenggono menjelaskan, untuk mendapatkan rekomendasi KONI, harus terlebih dahulu punya rekomendasi Pengcab (pengurus cabang). Nantinya rekomendasi Pengcab akan didalami di KONI apakah layak atau tidak siswa-siswi masuk melalui jalur prestasi, terutama olahraga.

“Sarat mutlaknya, siswa-siswi pernah menjadi juara secara praktik dan harus ada data administrasinya berupa sertifikat,” jelas Trenggono, melalui pesan singkatnya.

Trenggono menyebutkan, setiap tahunnya jumlah siswa yang meminta rekomendasi ke KONI untuk mendaftar ke sekolah melalui jalur prestasi, khususnya olahraga antara 10 sampai 20 orang. Mereka rata-rata dari cabang olahraga perorangan.

“Tapi ada juga atlet yang meminta rekomendasi dari Disbudparpora (Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga),” ucapnya.

Untuk meminimalisir kemungkinan adanya kecurangan dalam hal rekomendasi, pihaknya akan melakukan kroscek data dan menguji siswa sekaligus atlet tersebut.

“Kita juga melakukan tes pada calon siswanya. Makanya, pihak sekolah juga harus lebih teliti lagi apabila ada pendaftar yang melalui jalur prestasi olahraga,” tuturnya.

Diakuinya, sejauh ini pihaknya kesulitan apabila ada atlet yang mendaftar dari cabang olahraga beregu seperti, sepak bola, voli dan lainnya. Sebab, harus melakukan kembali cek ulang data.

“Kita akan cek data dari tiap pengcab untuk menyocokan dari sertifikat yang dilampirkan. Kalau betul-betul berprestasi, dan pernah membawa harum nama daerah, tentu akan kami bantu rekomendasikan,” pungkasnya.

(gat)

 

loading...

Feeds