Bangun Kampus di Arjasari, Unpad Gandeng Petani Kembangkan Daerah

Rektor memimpin Rapat Pembahasan Pengembangan Kampus Unpad Arjasari. (Unpad)

Rektor memimpin Rapat Pembahasan Pengembangan Kampus Unpad Arjasari. (Unpad)

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Universitas Padjajaran (Unpad) bersama Pemkab Bandung mencanangkan pengoptimal pembangunan kampus di Kecamatan Arjasari, Kab Bandung.

Hal demikian dilakukan guna mendukung penguasaan keahlian terapan melalui bidang peternakan dan pertanian.

BACA: Unpad Menjadi PTN dengan Jumlah Peminat SNMPTN Tertinggi Se-Indonesia

Kampus Unpad di Arjasari sendiri akan digarap setidaknya oleh 480 petani di setempat. Dengan rasio 12 orang petani mengawasi per satu hektare lahan produktif.

Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad mengatakan, para petani akan dirangkul pihaknya. “Nantinya, para petani ini akan dirangkul Unpad untuk menggarap lahan pertanian di kawasan lahan kerja sama,” kata Tri Hanggono.

BACA: Demi Kompetisi Internasional di Austria, PSM Unpad Giat Galang Dana di CFD Dago dan TSM

Selain itu lahan tersebut akan menjadi lahan kemitraan bagi Unpad dan petani wilayah sekitar Kampus Unpad Arjasari, mengingat sebagian lahan di wilayah Arjasari merupakan wilayah produktik dan cukup layak dioptimalkan menjadi lahan untuk kepentingan bersama.

Dengan luas lahan yang representatif. Direncanakan kampus akan dijadikan sebagai wahana sarat integrasi untuk pengembangan akademik. Mengingat lahan itu merupakan lahan yang sangat potensial. “Selain itu, akan membentuk keberlanjutan lingkungan dan penguatan budaya,” ujarnya.

Tri mengatakan, dari sisi pengembangan akademik, pihaknya berupaya menjadikan kampus Arjasari menjadi kampus pendidikan vokasi (kejuruan). Serta untuk kedepannya akan diintegrasikan dengan aktivitas pertanian dengan Taman Sains dan Teknologi.

“Pendidikan vokasi dipilih dalam rangka mempersiapkan tenaga terampil di bidang terapan,” ungkapnya. Realita yang terjadi di Indonesia, bahwa dewasa ini negeri ini dihadapkan dengan permasalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang minim. Maka, dengan hadirnya pendidikan berbasis vokasi harus terintegrasi dengan bidang ilmu saat ini.

loading...

Feeds