Anda Berencana Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor? Baca Dulu Ini

POJOKBANDUNG.com- KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) berharap program mudik gratis Lebaran 2017 bisa menyedot animo masyarakat. (BACA: Cepetan Daftar! Kemenhub Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2017)

Harapannya,  jumlah pemudik  yang biasa menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung  bisa ditekan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, masyarakat yang selalu menggunakan sepeda motor bisa beralih mudik dengan cara naik bus atau kapal laut, yang telah disediakan pemerintah.

BACA: Pendaftaran Mudik Gratis Dibuka 14 Februari, Cek Persyaratannya

“Sehingga mudik gratis ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Budi. Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II ini juga berpesan kepada masyarakat, jangan lagi menggunakan motor dalam mudik.

Apalagi jika jarak tempuhnya jauh. Pasalnya angka kecelakaan sepeda motor saat mudik sangat tinggi. “Mengimbau bagi masyarakat yang ingin mudik tidak menggunakan sepeda motor, gunakanlah mudik gratis pemerintah ini,” katanya.

BACA: Silakan yang Mau Daftar, Pemprov Jabar Sediakan Bus Mudik Gratis!

Ungkap Budi, pemerintah sudah mempersiapkan truk, kapal dan kereta api yang khusus untuk mengangkut motor para pemudik. Rinciannya ada 123 truk, kereta api menargetkan mengangkut 18.096 motor, dan kapal dapat mengangkut 16.000 motor.

Sehingga kendaraan roda dua milik masyarakat masih bisa dibawa dengan sarana gratis yang dipersiapkan oleh pemerintah. Oleh sebab itu adanya sarana angkut motor gratis itu masyarakat tidak perlu mudik menggunakan motor.

“Diharapkan tidak menggunakan motor. Motor bisa diangkut lewat kereta api dan kapal,” pungkasnya.

(cr2/jpg/pojokbandung)

loading...

Feeds

PKS: Oded Harus Jadi Bandung 1

DPD PKS Kota Bandung resmi menjadikan Wakil Walikota Bandung, Oded M Danial sebagai calon yang akan diusung pada Pilwalkot Bandung …