Warga Segera Deklarasi Besar-Besaran Pemekaran Kab Bandung Timur

POJOKBANDUNG.com, SOREANG- Isu pemekaran Kabupaten Bandung Timur (KBT) kembali mencuat. Itu setelah Dewan Perwakilan (DPD) Republik Indonesia (RI) mengeluarkan surat rekomendasi Daerah Otonom Baru (DOB) bagi beberapa daerah di Indonesia. Salah satunya adalah Kab Bandung.

Sejak 2005, aspirasi seputar pemekaran KBT memang telah menyeruak. Namun kepastian pemekaran akhirnya simpang siur, karena munculnya polemik dan pembahasan alot antara berbagai pihak terkait.

BACA JUGA:

Penduduk Terus Bertambah, Kota Bandung Perlu Pemekaran Wilayah

Pemekaran Desa di Kota Cimahi Terganjal Aturan

Namun saat ini, tak lagi ada alasan untuk KBT tak memisahkan diri dari kabupaten induk.

Ketua Deklarasi Komite Independen Pengawas Pembangunan dan Percepatan Pemekaran Kab Bandung, Aas Kadarsyah, menyebutkan bahwa DPD RI sudah mengeluarkan surat rekomendasi pemekaran DOB bagi beberapa daerah di Indonesia, baik tingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Surat rekomendasi dikeluarkan pada Desember 2016 dan sudah ditandatangani oleh Ketua DPD I, Ahmad Muqowam, bahwa rekomendasi harus segera dilaksanakan oleh pemerintah di tahun 2017. Ini sangat menggembirakan bagi kami, perjuangan kami selamai ini menampakkan titik terang,” jelasnya.

Dengan surat rekomendasi DPD kepada pemerintah pusat itu, maka pihaknya akan segera mendeklarasikan pemekaran Kab Bandung Timur. Dalam deklarasi seluruh elemen masyarakat Kab Bandung wilayah timur bakal dilibatkan. Mulai dari birokrasi sampai masyarakat.

“Deklarasi akan dilakukan setelah lebaran, saat ini kami mulai melaksanakan berbagai persiapan untuk deklarasi,” katanya.

(cr4)

loading...

Feeds