Pembangunan Jalur Puncak II Sulit Diwujudkan

Rencana pembangunan jalan poros tengah timur atau Jalur Puncak II  dianggap berbahaya (Radar Cianjur)

Rencana pembangunan jalan poros tengah timur atau Jalur Puncak II dianggap berbahaya (Radar Cianjur)

POJOKBANDUNG.com- RENCANA pembangunan jalan poros tengah timur alias Jalur Puncak II dinilai sulit diwujudkan. Alasannya, pembangunan tersebut bisa merusak lingkungan. Sebab, akibat banyak daerah resapan air yang dialihfungsikan menjadi jalan raya.

“Kemarin dibahas di rapat terbatas dengan bapak presiden. Beliau menugaskan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mengkaji ulang (rencana pembangunan Jalur Puncak II),” kata Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Aher menyebut, salah satu aspek yang memerlukan kajian lebih lanjut adalah dampak lingkungannya. Alih fungsi lahan di area pembangunan Jalur Puncak II dikhawatirkan menimbulkan bencana di wilayah hilir seperti menambah parah banjir Jakarta.

Karena itu, dia mengakui, pembebasan lahan pembangunan jalan dari kawasan Sentul di Kabupaten Bogor sampai Istana Cipanas di Kabupaten Cianjur tersebut dapat menimbulkan permasalahan.

Gubernur mengisyaratkan penambahan kapasitas Jalan Raya Puncak lebih diprioritaskan dibandingkan pembangunan jalur Puncak II. Menurutnya, pelebaran badan jalan di Puncak merupakan solusi lain untuk mengantisipasi kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan permasalahan yang ada.

“Jalan yang sudah ada dilebarkan sangat bagus, kami dari pemerintah provinsi setuju. Tentu kewenangannya ada di pemerintah pusat karena ini jalan nasional,” kata Aher.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Adang Suptandar mengatakan, saat ini pembebasan lahan untuk Jalur Puncak II terkendala kewenangan pemerintah provinsi yang terbatas. Terutama dalam masalah pembebasan lahan.

Sampai saat ini masih terdapat lahan di sejumlah titik pembangunan yang belum dibebaskan. “Provinsi memang ingin keduanya berjalan tetapi pusat ingin mengerjakan Puncak satu dulu,” katanya Radar Cianjur (pojokbandung grup).

loading...

Feeds