Komunitas Musik Bambu Cimahi Kenalkan Alat Musik Bambu di Malaysia

Alat musik kahon dari bambu diperkenalkan di Malaysia

Alat musik kahon dari bambu diperkenalkan di Malaysia

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pekembangan teknologi mendorong orang semakin kreatif. Begitu pula yang terjadi di dunia musik.

Beragam alat musik terus dikembangkan, seperti yang dilakukan komunitas musik bamboo Indonesia Bamboo Community (IBC).

Komunitas asal Kota Cimahi, Jawa Barat, ini membuat alat musik hasil riset mereka bersama Everbeat Bandung. Kahon, nama alat musik itu, yaitu perkusi berbentuk kotak bersisi enam yang dimainkan dengan cara ditepuk bagian sisinya.

Pada umumnya, kahon terbuat dari kayu lapis dengan ketebalan antara 1,3 hingga 1,9 cm pada lima sisinya. Di sisi keenam merupakan papan tipis yang fungsinya sebagai bidang utama untuk ditepuk-tepuk.

Berbeda dengan kahon biasa, IBC menciptakan alat musik pukul ini seluruhnya berbahan dasar bambu. Proses pembuatannya pun memakan waktu yang tidak sebentar. Untuk satu unit kahon bisa menghabiskan waktu selama 3 minggu.

Kahon bambu ini resmi diperkenalkan dalam acara “Serawak Timber Smes Expo 2017” yang digelar di Borneo Convention Centre Kuching, Serawak Malaysia.

Ketua IBC Adang Muhidin mengatakan, alat musik kahon diharapkan bisa sama familiarnya dengan angklung yang lebih dulu mendunia. Karena itulah pihaknya memperkenalkan kahon di Negeri Jiran.

Menurutnya, di Indonesia sudah banyak pengrajin yang bikin kahon. Alat musik unik ini sudah dikenal sejak lama.

“Dalam kesempatan ini kami ingin menduniakan bambu,” kata Adang, melalui siaran pers yang diterima Pojokbandung.com, Kamis (18/5/2017).

Ia mengaku, sudah sering mengirim pesanan alat musik bambu ke luar negeri, mulai gitar, bas, biola, drum dan lainnya. Alat musik bambu tersebut justru lebih diminati pangsa pasar luar negeri.

Sedangkan peminat di dalam negeri, masih kurang. “Kita sudah punya pasar di luar negeri,” tuturnya.

Tetapi, sambung dia, pihaknya akan terus memasarkan produk-produk bambunya.

“Di Indonesia juga kami tentunya akan memperkenalkan inovasi terbaru kami (kahon),” tambahnya.

(gat)

loading...

Feeds

Ratusan Guru Cimahi Akan Dirotasi

Tahun ini rotasi dan mutasi guru Sekolah Dasar (SD) di Cimahi akan segera dilaksanakan. Hal itu dilakukan karena Cimahi kekurangan …